1000 Cup Kopi untuk Bogor

1000 Cup Kopi untuk Bogor

posted in: Event Review | 0

Di era sekarang, kopi bukan lagi hanya sebagai minuman penghilang kantuk namun juga menjadi gaya hidup modern. Kopi merupakan minuman yang khas akan harumnya, serta nikmatnya citarasa kopi itu sendiri. Kopi sendiri kini telah menemukan peminat tersendiri di Indonesia.

[Klik foto untuk memperbesar]

Tanggal 1 Oktober 2015, International Coffee Organization bersama segenap asosiasi dan pebisnis yang bergerak di dunia kopi bersepakat meresmikan tanggal tersebut sebagai Hari Kopi Internasional. Memasuki tahun ke-2-nya, Hari Kopi Internasional menghimpun perayaan kopi dari berbagai negara lewat acara bernama International Coffee Day.

Perkembangan saat ini memperlihatkan bahwa mulai bermunculan pebisnis yang membuka kedai penyeduhan kopi. Salah satunya yang cukup berkembang adalah di Kota Bogor. Kota Bogor sampai saat ini sudah memiliki hampir 50 kedai yang menyajikan seduhan kopi berkualitas dengan kekhasan cita rasa masing-masing dari jenis kopi. Persoalan lanjutan yang terjadi adalah seduhan kopi berkualitas tersebut baru bisa dinikmati sebagian kalangan masyarakat saja. Faktor kekurangan pemahaman masyarakat umum, bahwa kopi mempunyai beragam cita rasa selain pahit mungkin menjadi penyebab dominan persoalan ini.

Hari Minggu tanggal 2 Oktober 2016 bertempat di Balaikota Bogor yang beralamatkan di Jalan Ir. H Juanda, Kota Bogor,  diramaikan oleh para pengunjung, khususnya para pengiat kopi di Bogor. Acara ini merupakan salah satu  rangkaian dari peringatan Hari Kopi Internasional tahun 2016. Bogor menjadi salah satu kota yang ikut merayakan hari besar salah satu minuman yang digemari masyarakat dunia sejak berabad-abad silam tersebut.

Acara yang bernama 1000 Cup Kopi untuk Bogor diprakarsai oleh para pengiat kopi di Bogor dengan mendatangkan beberapa barisa dari 20 kedai kopi yang ada di bogor. Acaranya sendiri dimulai dari jam tujuh pagi sampai dengan jam 12 siang. Menurut panitia sendiri kopi yang terbagi pada acara kemarin mencapai 3000 gelas.

Acara 1000 Cup Kopi untuk Bogor ini merupakan acara yang baru pertama kali diselenggarakan khususnya di kota Bogor. Acara ini mendapat sambutan yang luar biasa baik dari para pemilik dan pengelola Kedai Kopi, masyarakat Kota Bogor juga Pemerintah Kota Bogor. Terlihat  juga saat acara Walikota Bogor, Bapak Bima Arya beserta Wakil Walikota, Bapak Usmar Hariman menghadiri acara tersebut. Malah dikesempatan tersebut Pak Usmar Harisman ikut dalam kegiatan workshop cupping coffee bersama Mira Yudhawati salah seorang Q-Grader yang bersertifikasi WBC Sensory Judge. Sebelum kopi sampai ke tangan konsumen, kopi itu akan di-cupping atau dicicip beberapa kali dulu selama perjalanannya dalam industri kopi. Setiap kali dicicip, cupper akan berusaha mencari apakah ada rasa-rasa berbeda lagi yang lain didalamnya. Ini juga penting untuk menetapkan konsistensi karakteristik dari kopi itu sendiri sebelum notes-nya dituliskan secara resmi.

Selain itu juga diadakan Workshop tentang Kopi Indonesia yang dimoderatori oleh Prawoto Indarto yang merupakan penulis buku The Road to Java Coffee, Independent Researcher, Tea and Coffee Advisory at JAVA dan sebagai narasumber Boy Kurniawan seorang pebisnis kopi sekaligus juga Master Roaster, Mira Yudhawati salah seorang Q-Grader yang bersertifikasi WBC Sensory Judge dan Slamet Prayogo seorang petani kopi Malabar Mountain Coffee. Yang disebut terakhir ini telah berhasil meraih beberapa penghargaan ditingkat Internasional seperti di AVPA Coffee Award in Paris dia mendapat dua medali emas dan dua medali perunggu, di Melbourne International Coffee Expo mendapatkan medali emas, dan peringkat ke-4 Lelang Kopi Internasional SCAA di Atlanta, Amerika Serikat.

Acara workshop Kopi Indonesia ini menarik perhatian para pengunjung. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para pembicara. Kesimpulan dari acara workshop itu sendiri menghasilkan pernyataan bahwa Kopi Indonesia saat ini tidak bisa lagi dipandang sebelah mata oleh dunia. Hal ini dilihat dengan diraihnya beberapa prestasi tingkat internasional dan cita rasa kopi Indonesia juga saat ini sangat bervariasi dengan berbagai improvisasi yang dilakukan oleh para pegiat kopi di Indonesia

Salah seorang panitia penyelengara Didin Natadisastra, mengatakan bahwa tujuan dari acara ini untuk mengajak seluruh masyarakat khususnya di Kota Bogor untuk minum kopi bersama sekaligus memperkenalkan kopi asal Indonesia yaitu kopi jenis arabika. Panitia juga mengharapkan semoga acara ini selanjutnya bias terus dilakukan rutin setiap tahunnya sehingga kopi semakin dekat dengan masyarakat.

“Anggap saja ini merupakan Pesta Kopi untuk Bogor” ujarnya

Ada berbagai jenis kopi yang disajikan dalam acara 1000 Cup kopi untuk Bogor. Diantaranya berasal dari pulau Sumatera, pulau Jawa,  pulau Kalimantan dan tentunya pulau Sulawesi serta kopi dari daerah lainnya. [Ikbal Syukroni/End]

Penyunting : Nurul Amin

 

Sebarkan :
  • 190
  • 167
  • 143
  •  
  •  
  •  
    500
    Shares
Follow Ikbal Syukroni:

Tinggal di Martapura, Sumatera Selatan. Traveler yang menggemari kegiatan photography. Sedang menempuh studi S2 di Bogor.

Komentar anda?