4 Tips Penting agar liburan Kamu Lebih Menyenangkan

4 Tips Penting agar liburan Kamu Lebih Menyenangkan

posted in: Tips & Trik | 0

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar liburanmu menjadi lebih menyenangkan. Moment yang kamu dapat dalam satu masa liburan belum tentu bisa terulang lagi kan?

Sejauh ini saya perhatikan objek wisata di Indonesia makin berkembang dengan banyaknya pengunjung yang semakin membludak. Khususnya kota-kota wisata di Pulau Jawa dan Bali. Akomodasi baik itu tiket pesawat dan penginapan juga semakin berkembang. Banyak hal yang bisa kita lakukan seperti mendaki gunung, snorkeling, diving di laut, menikmati tempat bermain atau berkunjung ke situs-situs budaya.

Kemudahan dan perkembangan tersebut di atas belum tentu membuat liburanmu pasti menyenangkan loh. Ada beberapa tips liburan yang penting juga untuk diketahui. Apa saja sih? Yuk coba lihat sedikit tipsnya.

Tips Liburan Pertama : Partner

Saya rasa ini perlu diperhatikan. Untuk sebagian orang berlibur hanya sendiri itu rasanya tidak menyenangkan. Perlu partner untuk mendampingi keceriaan yang akan kamu buat nantinya. Selektif mencari partner itu penting.

setiap manusia itu memiliki pemikiran dan visi yang berbeda-beda. Carilah yang satu visi dengan kamu sebagai partner perjalanan. Misal kalau kamu suka berlibur dengan cara sederhana dan menantang atau biasa saya sebut dengan backpacker, kamu harus memilih partner yang bisa seirama nantinya dengan pemikiran kamu nanti.

Jangan sampai kamu berlibur dengan cara yang backpacker tapi gak taunya partner kamu suka dengan yang simple dan mewah. Pasti nanti akan ada perselisihan yang akan menghambat liburan kamu. Contohnya, yang satu maunya tinggal di hotel berbintang, yang satu lagi maunya tinggal di hotel melati. Bingung kan cari jalan tengahnya, masa mau tidur di hotel masing-masing.

Masalah tujuan itu mungkin adalah bonus dari liburan yang akan kamu jalani. Tapi partner perjalanan akan membuat kamu lebih ceria, saling mengisi dan saling mengerti dengan pribadi masing-masing.

Niat kamu berlibur itu pasti untuk bersenang-senang bukan? Makanya jangan sampai ada salah satu dari partner kamu yang membuat mood kamu rusak. Perselisihan dan perbedaan pendapat tentu pasti ada, tapi sebaiknya kamu meminimalisir kemungkinan tersebut.

Untuk perjalanan yang gak perlu ribet, kamu bisa pilih operator travel yang sudah bertebaran di media social. Mereka menawarkan paket murah untuk liburan. Kemanapun tempat berliburnya, asalkan dengan partner yang klop, pasti memberikan kesan yang berbeda.

Tips Liburan Kedua : Prinsip

Kebiasaan dalam merencanakan perjalanan dengan partner memang tidak mudah. Antar partner harus bisa saling memberi dan menerima pendapat satu sama lain. Tapi sebaiknya kamu jangan memberikan pendapat yang mengambang. Misalnya ketika ada pertanyaan :

“Kita nanti akan pergi kesini gak ya?” jawabannya jangan seperti ini : “aku ikut dia ajah” atau “nanti siapa ajah yang akan ikut?”.

Jawaban-jawaban ini menurut saya sungguh menghambat suatu keputusan dan ujung-ujungnya gak jadi. Sebaiknya berikan jawaban dengan pasti sesuai keinginan pribadi sendiri dulu. Ketika selanjutnya ada wacana lain, kamu bisa memberikan pendapat yang sudah pasti juga.

Saya yakin, kalau kamu memberikan jawaban yang pasti, perjalanan kamu akan lebih pasti juga. Jangan sampai kamu tergantung orang lain, atau sebaliknya. kamu kan pasti sudah dewasa jadi harus memiliki prinsip untuk menentukan pendapat tanpa harus ada paksaan atau mengikuti orang lain.

Ini juga berlaku untuk kamu yang suka bepergian dengan menggunakan “moment promo”. Yang perlu kamu tau promo-promo dari travel agent manapun tidak memberikan banyak kuota. Tidak seperti regular yang bisa kapan saja kamu beli. Tidak hanya kamu saja yang mencari karena ada ribuan bahkan mungkin jutaan orang yang berebut moment tersebut. Maka dari itu, kamu harus segera mengambil keputusan dan segera menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Ingat yakini diri kamu dulu, jangan saling menunggu keputusan orang lain.

Tips Liburan Ketiga : Rencana

Sebelum berlibur kemanapun saya terbiasa membuat rundown dan estimasi budget dengan tujuan mengetahui berapa banyak pengeluaran yang akan saya butuhkan dan apa yang akan saya lakukan di tempat tujuan.

Cari referensi sebanyak-banyaknya (tapi jangan kebanyakan nanti pusing sendiri) yang cocok dengan rencana kamu. Misal kalau kamu ingin pergi snorkeling ke pulau-pulau, berarti kamu harus mencari penyewaan kapal yang benar. Baik itu dari harga dan juga fungsi kapalnya. Kalau kamu berniat berkemah, kamu berarti harus memastikan pulau yang akan kamu singgahi itu bisa dijadikan tempat berkemah.

Jangan asal murah tapi perlu juga diperhatikan keamanannya. Dicari juga transportasi yang bisa kamu gunakan dari dan selama disana. Setelah kamu sudah membuat rencana, diskusikanlah dengan partner kamu sebelum berangkat. Sehingga pada hari H kamu tinggal mengikuti plan yang sudah kamu buat. Cari informasi tempat yang akan kamu kunjungi secara detail, karena belum tentu tempat itu akan sama dengan tempat tinggal kamu.

Tips Liburan Keempat : Berdoa

Ini yang paling penting, kemanapun kamu bepergian jangan lupa untuk berdoa. Semua kekuasaan yang ada di seluruh dunia ini hanya milik Tuhan, sedangkan manusia hanyalah bisa berencana. Semoga perjalanan kamu dilindungi dan diberikan kemudahan hingga sampai kembali ke rumah. Saya percaya jika kamu rajin berdoa, pasti apa yang akan kamu inginkan akan terkabul. Mau sekarang atau nanti atau diberikan yang lebih baik.

Semua kembali lagi ke kamu, bagaiamana kamu mengatur liburan kamu, ya gaya kamu sendiri, bukan ikut-ikutan gaya orang lain. Kalau ada yang baik silahkan diambil dan yang buruk tolong ditinggalkan. Semoga bermanfaat. [Elysa Rosita/End]

Penyunting : Nurul Amin

Dokumentasi foto : Imam Tabroni

Sebarkan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    731
    Shares
Follow Elysa Rosita:

Muslimah. Bungsu. Trip Maker

Komentar Pembaca