Alasan Pempek Palembang Bisa Go Internasional

Dalam kesempatan webinar Kiat Sukses UKM Pempek Palembang Menuju Pasar Dunia, Jumat 20 November 2020 lalu, Deputi Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah mengungkapkan, ada beberapa alasan pempek bisa mendunia. Seperti yang pernah disampaikan oleh Almarhum Prof Rindit Pambayun, Guru Besar Teknologi Pangan Universitas Sriwijaya yang mencetuskan ide Pempek Mendunia dengan 5 alasan. 

Pempek Palembang jadi makan sehari-hari bagi penduduk kota Palembang. Bisa ditemukan setiap titik kota. Dok. Yulia Savitri

Pertama, pempek itu indigenous atau produk asli Indonesia, pempek sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Palembang. Untuk diketahui, pempek sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada 17 Oktober 2014 sebagai warisan budaya tak benda. 

Alasan kedua pempek ini sangat istimewa karena semua orang menggemari pempek, mulai dari anak kecil sampai yang tua, termasuk wisatawan asing. Ketiga, pempek sangat mudah dipasarkan karena selalu menjadi pilihan oleh-oleh bagi para turis. Hal ini pun diklaim oleh Pemda setempat bahwa pengiriman pempek ke luar Palembang mencapai 14 ton sehari.

Racikan kuah cuka yang khas dari Palembang melahirkan perpaduan cita rasa pempek dan kuah yang begitu menggiurkan. Dok. Yulia Savitri.

Keempat, pempek ini pangan fungsional karena bergizi dan berprotein tinggi. Bahkan cuko pempek dinilai bermanfaat bagi kesehatan dan menambah nafsu makan. Alasan kelima, pempek merupakan pangan tradisional yang dapat dibuktikan secara ilmiah mengenai kandungan gizi dan manfaatnya bagi kesehatan. 

“Inilah lima hal yang menjadi kekuatan pempek Palembang untuk bisa mendunia,” kata Zakiah. [End]

Bagikan artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *