Asam Pedas Ikan Patin

Asam Pedas Ikan Patin

posted in: Culinary | 0

Sebuah keberuntungan bagi kita memiliki keragaman budaya, kesenian, flora, fauna, serta kuliner istimewa. Bagi saya yang belum lama berdomisili di Pekanbaru, ada satu makanan khas yang melekat di kepala ketika ditanya tentang Pekanbaru. Bukan rendang atau pun sate padang, yang ini adalah Asam Pedas Ikan Patin.

Hidangan Asam Pedas Ikan Patin. Dok. Amirul BK
Hidangan Asam Pedas Ikan Patin. Dok. Amirul BK

Travelnatic Magazine – Nama Asam Pedas mengacu pada rasa masakan yang asam sekaligus pedas. Rasa pedas berasal dari cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas yang ditumbuk sampai halus kemudian dipadu dengan belimbing wuluh, serai, daun jeruk dan daun salam sehingga membuat rasa asam ikut menyeruak ketika daging ikan patin yang lembut nan gurih disantap. Kenyal dan lembutnya daging ikan patin yang telah dirasuki aroma asam kontras dengan kuah merah cabe yang siap memancing liur keluar dan berlanjut pada gejala lapar dadakan.Tidak seperti masakan gulai lainnya, saat membuat Asam Pedas umumnya ikan patin yang digunakan tidak digoreng terlebih dulu. Bagi yang tidak terbiasa mungkin akan sedikit aneh.

Ikan Patin yang digunakan untuk masakan Asam Pedas akan terasa lebih gurih jika m

erupakan ikan tangkapan di sungai – sungai dibandingkan ikan patin hasil budi daya di karamba. Wilayah Pekanbaru yang dekat dengan sungai Siak dan sungai Kampar juga mempermudah perolehan bahan baku ikan patin.

Meskipun Asam Pedas Ikan Patin paling populer, namun masih ada juga masakan Asam Pedas yang menggunakan ikan baung atau dikenal juga dengan ikan beong sebagai bahan utamanya. Tak kalah lezat memang dan tentunya patut dicoba jika kalian sedang jalan – jalan di Pekanbaru.

Sajian kuliner menyegarkan ini awalnya disajikan pada acara menanti menantu datang, manjalang mintuo atau menjelang mertua, hingga pesta kawinan, dan sunatan. Letak Riau yang bersentuhan langsung dengan Selat Malaka memang berkontribusi pada keragaman budaya Melayu di Riau. Kekayaan alam hutan dan terutama sungainya juga tak kalah memiliki andil dalam menyumbang lahirnya berbagai jenis kuliner khas Melayu Riau.

Segera cicipi Asam Pedas Ikan Patin ketika kalian melakukan perjalan ke Pekanbaru atau kota – kota lain di Riau. [Amirul BK/End]

Penyunting : Annas Chairunnisa Latifah

Sebarkan :
  • 143
  • 91
  • 56
  •  
  •  
  •  
    290
    Shares

Komentar anda?