Bulukumba, Tangguhnya Phinisi dan Halusnya Pasir Tanjung Bira

Bulukumba, Tangguhnya Phinisi dan Halusnya Pasir Tanjung Bira

posted in: Destination | 0

Apa yang kita pikirkan jika mendengar tentang Sulawesi Selatan, pasti yang langsung terbesit dipikiran kita  Pantai Losari, Tana Toraja, Coto Makassar dan Konro Mungkin ada beberapa orang belum tahu bahwa sekitar 200 km kearah selatan makasar merupakan pusat pembuatan kapal phinisi sejak 14 abad yang lalu. Tepatnya disalah satu daerah yaitu kabupaten Bulukumba.

Travelnatic Magazine – Lebih tepatnya di daerah Tana Rebu terdapat pembuatan kapal yang cukup terkenal tangguh di lautan yang juga  menjadi gambar di uang kertas lama pecahan Rp.100. Kapal yang bahannya terbuat dari kayu pilihan seperti kayu bitti dan kayu ulin yang didapatkan disekitar hutan bulumba bahkan tidak jarang didatangkan dari luar kota bulukumba asli mahakarya anak Indonesia sudah tersebar tidak hanya di Indonesia bahkan di Eropa dan Asia sudah banyak yang memakai kapal ini. Sehingga kabupaten bulukumba sendirinya dijuluki sebagai Butta Panrita Lopi yang berartikan bumi atau tanah para pembuat Kapal Phinisi.

DSC07032
Bulukumba, terkenal sebagai sentra pembuatan kapal Phinisi yang legendaris. Dok. Ikbal Syukroni

Dalam membuat sebuah kapal phinisi diawali dengan beberapa ritual doa kepada Tuhan yang maha Esa yang dipimpin oleh pemuka agama sekitar daerah tersebut yang bertujuan agar pembuatan kapal tersebut lancer, untuk oembuatannya sendiri memakan waktu sekitar 6 bulan samai 1 tahun tergantung dengan ukuran kapal. Ketika sampai dipusat pembuatan kapal phinisi pengunjung akan terkagum-kagum melihat kelihaian para pembuatnnya, yang disalutkan mereka para pembuat kapal yang sangat kokoh dan megah ini hanya berdasarkan pengalaman danpengetahuan dari pendahulu mereka yang diajarkan secar turun menurun tanpa menggunakan gambar atau sketsa. Perahu phinisi termasuk alat transportasi laut tradisional masyarakat bugis yang sudah terkenal berabad-abad dan menunjukkan bahwa Suku bugis Makassar adalah salah satu pewaris bangsa bahari

Selain terkenal sebagai sentra pembuatan kapal phinisi, bulukumba mempunyai salah satu tempat wisata yang bernama Tanjung Bira. Tanjung bira  awalnya bisa  dibilang tempat wisata yang belum cukup terjamah oleh para wisatawan sehingga pantainya masih sangat alami tapi beberap tahun ini tanjung bira semakin santer terdengar. Terutama di kalangan para pelancong yang berburu keindahan alam laut jernih nan memesona. Tanjung Bira layaknya primadona di ujung Sulawesi Selatan.

Ketika cuaca cerah, langit biru sangat bersih terpancar di hamparan laut yang ada di bawahnya seperti terlihat lautnya 3 warna saking jernihnya. Pantai Tanjung Bira mempunyai pasir putih. Pasirnya yang sangat lembut dan sangat halus. Sebegitu halusnya kita seperti menginjak tepung. Ombak yang datang menerpa pantai pun tak terlalu kuat dan bisa dibilang laut pantai Tanjung Bira sangat tenang.

Bulukumba - Perahu nelayan di pantai Tanjung Bira yang berpasir putih. Dok. Ikbal Syukroni
Bulukumba – Perahu nelayan di pantai Tanjung Bira yang berpasir putih. Dok. Ikbal Syukroni

Untuk menuju ke tempat yang khas dengan pasir putihnya yang halus tersebut anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dengan lama perjalanan kurang lebih lima setengah jam dari pusat kota makassar. Perjalanan dimulai dari Bandara Sultan Hasanuddin, kemudian menuju terminal Mallengkeri Makassar yang bisa dituju dengan beberapa pilihan, yaitu dengan naik taksi, Ojek, atau naik pete-pete (sebutan angkot di Makassar). Selanjutnya untuk menuju ke Kota Bulukumba dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum berupa mobil Kijang, Panther, innova, atau mobil lain yang sejenis. Biaya tiket masuk ke lokasi Pantai Tanjung Bira sebesar Rp.10.000 untuk dewasa dan Rp. 5.000 untuk anak-anak. Kawasan wisata Pantai Tanjung Bira dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti restoran, penginapan, villa, bungalow, dan hotel.

Selain menikmati pasir putihnya tanjung bira, pengunjung dapat bermain banana boat lalu dapat juga menikmati keindahan 2 pulau yang ada diseberangnya pantai yaitu pulau  Liukang loe dan Kambing dengan menyewa kapal disekitar pantai. Ada juga kapal yang bisa anda gunakan apabila ingin berkeliling melihat jernihnya laut atau ingin untuk melihat tempat penangkaran penyu. Di Pantai tanjung bira, pengunjung bisa berenang dan bermain pasir sambil menikmati sunset yang sangat cantik. Laut bersih, air jernih, dan pasir putih yang halus dengan hiasan karan- karang membuat pantai tanjung bira menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi.Makanya itu mari berwisata ke Bulukumba. [Ikbal Syukroni/End]

Sebarkan :
  • 230
  • 195
  • 125
  •  
  •  
  •  
    550
    Shares
Follow Ikbal Syukroni:

Tinggal di Martapura, Sumatera Selatan. Traveler yang menggemari kegiatan photography. Sedang menempuh studi S2 di Bogor.

Komentar anda?