Devidhede : Menjadi Smart Traveler Tak Hanya di Negara Sendiri

posted in: Travelers Profile | 0

 

Devidhede di salah satu kegiatan komunitas traveler. Photo doc. Mia Kamila

Traveling akhir-akhir ini menjadi booming di Indonesia, diminati oleh berbagai kalangan. Meski sama-sama traveling, motivasi atau tujuan setiap orang dapat berbeda-beda. Ada yang melakukan perjalanan karena memang hobi, atau karena gengsi dan keinginan untuk mengikuti tren.

Namun tak sedikit pula yang melakukan traveling dengan tujuan mulia, yakni menjadi smart traveler yang sadar akan kelestarian alam dan attitude dalam traveling. Salah satunya adalah Devidhede, seorang traveler yang juga berprofesi sebagai dosen di perguruan tinggi swasta di Semarang. Devi menggeluti traveling sejak lulus SMA dan hingga kini masih aktif sebagai pegiat wisata. Meski begitu, prestasi di bidang lain yakni olahraga dan akademik tetap mampu diraih oleh wanita kelahiran Pasuruan ini.

Keseriusannya dalam bidang traveling ia tunjukkan dengan aktivitasnya di berbagai komunitas dan perannya dalam voluntourism. Devi juga selalu menanamkan paham smart traveler, yaitu bagaimana menjadi traveler cerdas dengan menjaga alam dan segala sesuatu yang ada di lingkungan sekitar. Bahkan di negeri orang sekalipun, kita tetap harus menjunjung tinggi sikap baik kita saat traveling, karena itu dapat menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia mempunyai moral yang baik.

“Selain menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan misalnya, kita juga harus berani menegur pelaku perusak lingkungan. Jadi kita tidak diam saja, karena kelestarian alam adalah tanggung jawab kita bersama,” ujar Devi. Prinsip baik tersebut sering disampaikan juga olehnya ketika menjadi pembicara dalam event-event traveling dan voluntourism baik di Indonesia maupun luar negeri.

Wanita yang aktif dalam komunitas Backpacker Indonesia Regional Semarang ini memang sering menjadi pembicara dalam event-event traveling dan voluntourism. Ia pernah menjadi voluntourism pada Kelas Inspirasi Kota Semarang di SDN Jatibarang 3. Selain itu, ia juga berbagi pengalamannya traveling keliling Indonesia dan luar negeri dengan tema Unlimited Traveling Buddies saat menjadi pembicara pada salah satu acara Akademi Berbagi (@akberSMG). Disitu Devi menjelaskan tips dan trik untuk mendapatkan teman saat traveling dan manfaat menjaring sebuah relasi untuk traveling.

Bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Devi juga pernah menjadi pembicara dan narasumber dalam talkshow “Ayo Dolan ke Museum” pada acara Museum Art. Masih banyak lagi kegiatan dan event yang pernah ia isi dengan sharing ilmu atau pengalamannya.

Pengalaman traveling Devi memang tak diragukan lagi. Ia telah melanglang buana hingga manca negara, antara lain Singapura, Thailand, Macau, Hongkong, Shenzen, dan Korea. Saat ini ia juga sedang menyusun rencana traveling di awal tahun baru agar estimasi biaya dapat diatur dengan baik.

Satu lagi, pemilik akun twitter @DeviDhede ini berpesan untuk para traveler, jadilah traveler yang cerdas dan tunjukkan pada dunia bahwa Indonesia tercinta ini memiliki banyak potensi wisata dan keramahan alamnya tersuguhkan dengan baik. [Mia Kamila/End]   

Penulis : Mia Kamila

Penyunting : Bela Jannahti

Artikel ini telah dipublikasikan di Travelnatic Magazine volume 14 – November 2015

Sebarkan :
  •  
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares
Follow Mia Kamila:

Tinggal di Semarang. Aktif berkegiatan traveling dan komunitas di Semarang. Pemilik www.jejakjelata.com

Komentar anda?