Wisata Bahari, Pilihan Favorit Erlina Puspasari

Keep Safety, Keep Clean and Keep Responsibility

Ketika ditanyai pendapatnya mengenai dunia pariwisata saat ini, dia berpendapat bahwa sangatlah bagus mengenalkan wisata Indonesia ke kancah dunia, tetapi kita juga harus memikirkan dampak ke depan. Salah satunya dia menyoroti tentang meledaknya salah satu film bergenre traveling di akhir tahun 2012 yang membuat kerusakan di Gunung Semeru. Dari pantauannya, sejumlah gunungan sampah di semeru meningkat tajam. Kebanyakan dari mereka  hanya sekadar mengikuti tren saja tetapi tidak memiliki responsibility.

Tempat wisata yang bersih akan menjamin keberlangsungan wisata bahari dan lainnya. Dok. Erlina Puspasari
Keep Safety, Keep Clean, Keep Responsibility – Tempat wisata yang bersih akan menjamin keberlangsungan wisata bahari dan lainnya. Dok. Erlina Puspasari

Lalu bagaimana tentang wisata bahari di Indonesia? Menurut Erlina, tidak hanya wisata di darat saja yang mengalami nasib demikian, laut ternyata juga mendapat banyak serangan dari tour and travel yang tidak berusaha mengedukasi para wisatawan yang datang. Mereka kedapatan membuat foto dengan berpegangan pada terumbu karang. Perempuan cantik ini bahkan punya pesan khusus untuk para petualang yang lain, karena menurutnya masih banyak yang tidak peduli dengan lingkungan.

“Narsis boleh tapi jangan menghalalkan segala  cara. Safety first. Jangan pengen instan. Petualang sejati itu bawa dampak positif buat sekitarnya.”

Dia mengidolakan Gemala Hanafiah, dan Mariska Prudence sebagai traveler yang bisa mencari uang dari hobi jalan-jalan dan berpetualang.

Tahun ini, Erlina sudah memiliki rencana trip. Tiap bulan dirinya sudah hampir pasti merencanakan untuk berlibur. Dengan impian suatu hari akan mengunjungi Raja Ampat atau setidaknya balik lagi ke Derawan karena masih ada yang belum dijelajahi. Tetap, berbagai target obyek wisata bahari sudah masuk dalam list perencanaannya. [Lida Maya/End]

Penyunting : Bela Jannahti, Nurul Amin

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *