Festival Bunga dan Buah Nusantara – Bogor 2015

Festival Bunga dan Buah Nusantara – Bogor 2015

posted in: Event Review | 0

Kala itu pusat jalanan kota Bogor sangat ramai dipadati warga Bogor dan warga luar kota yang ingin menikmati salah satu rangkaian kegiatan Festival Bunga dan Buah Nusantara, yaitu karnaval pakaian dan kendaraan oleh beberapa kelompok dengan tema sesuai acara, bunga dan buah . Di sudut lain  para peserta karnaval telah siap dengan pakaian yang didesain dengan bentuk tanaman bunga, daun maupun buah, dilengkapi juga alat transportasi yang dibuat seramai mungkin dengan hiasan bunga dan buah. Untuk menambah keriuhan suasana karnaval tak lupa juga beberapa kelompok menyajikan musik seperti marching band, terkadang galon dan perkakas rumah lainnya dijadikan tabuh-tabuhan oleh peserta yang berasal dari ratusan anak sekolahan dan mahasiswa untuk memeriahkan acara karnaval Festival Bunga dan Buah Nusantara 2015 yang dihelat pada 29 November lalu.

Festival Bunga dan Buah Nusantara  atau disingkat FBBN sendirinya merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh salah satu perguruan tinggi negeri terbesar di Indonesia yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan tujuan mendorong, memfasilitasi serta mengkampanyekan pengembangan bunga dan buah nusantara melalui Revolusi Oranye. Revolusi Oranye meliputi revolusi kebijakan, infrastruktur, kepemimpinan dan pembinaan sumber daya manusia, inovasi dan teknologi, serta sistem pengusaha dan penetrasi pasar. Penyelenggaran FBBN 2015 yang sudah berlangsung dari tanggal 26 November 2015  ini berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, selain diselenggarakan dalam skala lebih besar, kemudian beberapa hari sebelumnya juga dihadiri Presiden Republik Indonesia, kemudian menghadirkan salah satu kelompok fashion carnival yang sering membanggakan Indonesia di dunia yaitu Jember Fashion Carnival. FBBN 2015 mengangkat tema “Revolusi Pengembangan Bunga dan Buah Nusantara Skala Usaha Kecil dan Menengah untuk Kesejahteraan Bangsa Indonesia“. Berbagai kegiatan telah diselenggarakan pada FBBN 2015 yakni forum investasi dan bisnis buah dan bunga nusantara skala usaha kecil dan menengah, fruitpreneur got talent, expo, bursa bunga dan buah, kontes bunga dan buah jeruk serta mangga.

Karnaval adalah puncak acara FBBN 2015, yang mana menurut data di lapangan dihadiri oleh sekitar sepuluh ribu orang yang mana terdiri dari beberapa mobil hias, dan tentunya pertunjukan properti dan kostum dari Jember Fashion Carnaval (JFC). Karnaval dimulai pukul 06.30 WIB dengan rute awal dari Kampus IPB Baranangsiang mengelilingi jalanan protokol Bogor di sekitar Kebun Raya Bogor lalu selesai di Kampus IPB Baranangsiang.

Pada saat karnaval terlihat juga Walikota Bogor, Bupati Gianyar, Rektor IPB tak terkecuali Menteri Pertanian ikut serta dalam kemeriahan karnaval tersebut. Seusai karnaval, ketua panitia FBBN 2015 membacakan ikrar cinta bunga buah nusantara sebagai bentuk mendukung gerakan mencintai bunga serta buah Indonesia sesuai dengan instruksi presiden pada hari sebelumnya, jangan sampai kita lebih menyukai buah impor dibandingkan buah lokal dan hendaknya kita menjaga kelestarian bunga nusantara. [Ikbal Syukroni/End]

Penyunting : Annas Chairunnisa Latifah

Sebarkan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    703
    Shares
Follow Ikbal Syukroni:

Tinggal di Martapura, Sumatera Selatan. Traveler yang menggemari kegiatan photography. Sedang menempuh studi S2 di Bogor.

Komentar Pembaca