Luarbiasa! Begitu Indahnya Pantai di Kepulauan Natuna

Luarbiasa! Begitu Indahnya Pantai di Kepulauan Natuna

posted in: Destination | 0

Kepulauan Natuna terletak  di bagian paling utara Indonesia, berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga,seperti Malaysia, Vietnam, Brunei Darussalam serta pulau Kalimantan (Kalimantan Barat). Kepulauan Natuna sendiri tergabung dalam Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Natuna juga merupakan daerah kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau-pulau kecil serta memiliki luas lautan sekitar 97%, sisa nya adalah daratan. Dengan wilayah berbentuk kepulauan, tentunya Natuna mempunyai potensi wisata yang sudah tak diragukan lagi. Banyak potensi wisata menggagumkan di kepulauan Natuna   yang masih terjaga akan kealamiannya dan membuat para wisatawan yang pernah mengginjakkan kakinya di kepulauan yang  disebut-sebut kaya akan migas ini berdecak kagum ketika berhadapan langsung dengan alam kepulauan Natuna.

Sebut saja potensi wisata pulau Senoa. Pulau Senoa merupakan salah satu destinasi wajib untuk dikunjungi jika anda bertandang ke Natuna. Pulau Senoa adalah salah satu pulau terluar di Indonesia yang berada di laut Natuna. Keunikan yang dimiliki oleh pulau ini ialah bentuk pulau yang menyerupai ibu hamil sedang terbaring terletang di tengah lautan. Bahkan ada juga yang menyebutnya dengan nama Pulau Ibu Hamil. Pulau Senoa secara administratif terletak di desa Sepempang, kecamatan Bungguran Timur, kabupaten Natuna. Menuju pulau Senoa, pengunjung terlebih dahulu menumpanggi sebuah perahu pompong  (perahu kayu tradisional kep natuna yang digerakkan dengan mesin) dari pelabuhan Teluk Baruk, desa Sepempang yang memakan waktu tempuh sekitar 20 menit perjalanan menyeberangi laut. Selama perjalanan menuju pulau Senoa, pengunjung akan disuguhi dengan kejernihan air laut berwarna biru serta dapat melihat bentuk terumbu karang dari atas pompong.

Sesampainya di pulau Senoa, para wisatawan langsung disunguhi dengan destinasi pantai yang putih bersih yang mengelilingi sebagian pulau. aktivitas lain yang bisa dilakukan di objek wisata ini ialah snorkling dan diving untuk menikmati panorama bawah laut yang memukau. Pengunjung dapat juga melakukan aktivitas memancing.

Beranjak dari pulau Senoa, lokasi lain yang tak kalah menariknya di kepulauan Natuna ialah objek wisata Alif Stone Park ,Tanjung Sulai desa Sepempang, Bungguran Timur ,kabupaten Natuna. Objek wisata satu ini memang sudah sangat tenar di telinga masyarakat Natuna bahkan para wisatawan luar. Di sini wissatawan akan dimanjakan dengan panorama bongkahan-bongkahan batu granit raksasa yang bertebaran menghiasi seisi pantai, ditambah dengan bentuk dan corak warna nya yang menghitam. Menuju Lokasi Alif Stone Park,dapat menggunakan kendaraan bermotor dari  Ranai (Ibu Kota Kabupaten Natuna) yang hanya memakan waktu perjalanan sekitar 15 menit. Nama Alif Stone Park sendiri diambil dari sebuah batu tinggi menjulang yang teronggok di atas batu lain tanpa menyentuh ke tanah, membentuk seperti huruf Alif dalam huruf Hijayah.

Selain Pulau Senua dan Alif Stone Park,Destinasi wajib lain yang harus dikunjungi di kepulauan Natuna adalah pulau Setanau. Pulau Setanau sendiri terletak di desa Sabang Mawang, kecamatan Pulau Tiga, kabupaten Natuna. Menuju pulau Setanau memang agak sedikit jauh, sebab untuk menuju pulau ini pengunjung harus melewati jalan darat dengan berkendara yang memakan waktu agak lama yakni berkisar 1-1.5 jam. Perjalanan dari Kota Ranaim menuju Selat Lampa, sesampai di Selat Lampa pengunjung kembali harus menyeberangi laut lagi dengan menggunakan pompong yang memakan waktu 20 menit.

Sesampainya di pulau Setanau, semua rasa lelah anda selama perjalanan akan terlunasi ketika berhadapan dengan keindahan pantai yang dimilikinya. Pasir pantai yang membelah dua di antara laut adalah panorama yang menggagumkan dari pulau Setanau, selain pantai yang berpasir putih nan halus, kejernihan air lautnya kembali membuat penggunjung tidak sabar untuk menceburkan diri. [Arief Naen/End]

Penulis : ARIEF NAEN, tinggal di Ranai, Kep. Natuna. Pengelola website : www.natuna.tv

Penyunting : Annas Chairunnisa Latifah

 

Sebarkan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    525
    Shares
Follow Travelnatic:

Travelnatic Magazine is magazine about tourism and traveling in Indonesia or by Indonesian. Every people can shared their travel story here. Send me by email at redaksi@travelnatic.com

Komentar Pembaca