Jalan Trans Papua yang Begitu Menantang Adrenalin Para Petualang!

Jalan Trans Papua yang Begitu Menantang Adrenalin Para Petualang!

posted in: Otherside | 0

Menurut rencana pemerintah, Jalan Trans Papua yang menghubungkan Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua membentang sepanjang 4330 km. Jalan sepanjang itu akan menghubungkan Sorong, ke Jayapura, hingga Merauke. Jalan Trans Papua rencananya akan tersambung seluruhnya pada tahun 2018-2019. Tahun ini rencananya jalan yang akan tersambung sepanjang 3800 kilometer.

Jalan Trans Papua (ilustrasi disunting dari foto dokumentasi Kemeterian PUPR)

Berdasarkan data Direktorat Jendral Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) jalan Trans Papua di Provinsi Papua memiliki panjang 3.259,45 kilometer. Jalan itu akan membentang dari Kwatisore-Nabire-Wagete-Enarotali-Ilaga-Mulia-Wamena (Usilimo)-Wamena-Elelim-Jayapura-Wamena-Habema-Kenyam-Mumugu.

Kemudian dari Kenyam-Dekai-Oksibil-Waropko-Tanah Merah-Merauke-Wagete-Timika. Hingga akhir 2016, jalan yang sudah tersambung mencapai 2.792,02 kilometer atau 85,7 persen dari total panjang jalan. Sedangkan yang belum tersambung sepanjang 467,18 kilometer yang masih berupa hutan belantara.

Meski sudah tersambung, jalan-jalan tersebut belum seluruhnya dilapisi aspal. Dari data itu disebutkan, dari total 2.792,02 kilometer, baru 1.568,34 kilometer yang sudah dilapisi aspal, sementara 1.194 kilometer masih agregat dan 29,19 kilometer masih berupa jalur tanah.

Membangun Jalan Trans Papua tidak semudah membangun jalan di Jawa karena medan yang sangat berat. Pembangunan Jalan Trans Papua menyusuri punggungan gunung, melintasi hutan dan medan yang terjal. (dikutip dari m.liputan6.com).

Jika kawan pernah melihat peta topografi Papua, pasti bisa terbayang medan seperti apa yang dilalui. Ya, tentu saja melewati lereng pegunungan. Bahkan beberapa jalur jalan terlihat berada di punggungan gunung!

Jalan Trans Papua yang sangat panjang, 4330 Km membentang di pedalaman hutan tropis yang lebat, melintasi pedalaman pulau Burung Cendrawasih yang belum banyak diketahui, dengan medan batu terjal khas pegunungan tipe alpine tentu sangat menantang adrenalin para petualang.

Rumah-rumah yang masih jarang. Bahkan di beberapa bagian jalan mungkin kawan tak akan menemukan satu rumah pun dalam satu kilometer. Belum tentu ada bengkel jika ban bocor. Apalagi jalan ini baru dibuat dan belum banyak dilalui kendaraan. Berani kah kawan merencanakan perjalanan panjang disana? Jika kawan berani, ini akan jadi pengalaman yang benar-benar seru yang menantang adrenalin!

4330 kilometer, di medan yang terjal dan hutan. Apalagi dengan beribu pemandangan indah, atau mungkin saja halangan yang akan ditemui di perjalanan, tentu saja tidak cukup satu minggu untuk melakukannya. Tentu saja kawan butuh kendaraan offroad untuk melakukannya! Baiklah, 3 tahun lagi. Jika jalannya sudah selesai. Siapa petualang yang akan berani melakukan perjalanan darat tersebut? [End]

Sumber : m.liputan6.com

Sumber foto : Foto ilustrasi disunting dari foto Jalan Trans Papua dokumentasi Kementerian PUPR

 

Sebarkan :
  • 407
  • 362
  • 312
  •  
  •  
  •  
    1.1K
    Shares
Follow Travelnatic:

Travelnatic Magazine is magazine about tourism and traveling in Indonesia or by Indonesian. Every people can shared their travel story here. Send me by email at redaksi@travelnatic.com

Komentar anda?