#KakiBaminyak Kampanyekan JANGAN BUANG SAMPAH DI LAUT

#KakiBaminyak Kampanyekan JANGAN BUANG SAMPAH DI LAUT

posted in: Community Review | 0

Berangkat dari sebuah nama KAKI BAMINYAK dimana kata itu berasal dari bahasa Indonesia bagian timur (Papua) yang berartikan orang yang tukang jalan yang tidak betah pada suatu tempat atau manusia yang hidupnya tidak pada satu tempat, bisa berpindah dari kota satu ke kota yang lainya [NOMADEN]. Kaki Baminyak kami gunakan untuk sebutan komunitas yang kami usung bersama teman-teman.

Karena kami juga sering berjalan berpindah ke suatu tempat dimana kami mencari pelajaran tentang hidup, bertahan belajar hidup di suatu pelosok kota dan bersosial kepada masyarakat setempat tentang kebersihan juga keindahan laut, dengan menjaga laut kita dari kotoran sampah.

Biasanya kami berkunjung ke sebuah pulau, teluk atau kota yang hampir wilayahnya dipenuhi lautan. Kami sangat menyukai laut dan pantai. Laut dan pantai memberi kami ketenanganan pikiran setelah lelah melakukan aktivitas bekerja, relaksasi lebih tepatnya. Memandang laut yang biru beserta pasir putih yang menjernihkan mata dan pikiran.

Kami mempunyai kebiasaan unik saking cintanya dengan pantai dan laut. Setiap berkunjung ke sebuah pulau, kami selalu melakukan aksi sosial bersih-bersih pantai dari sampah yang ada. Kami hanya ingin pantai yang sedang kami kunjungi bersih karena kami terbiasa menikmati indahnya pantai dengan tidur-tiduran di pantai, bercanda, berjoget dan berlari-larian di tepi pantai. Oleh karena itu kami selalu jaga kebersihan sekitarnya. Kemudian dari kebiasaan konyol itu kami punya ide untuk bersosial disetiap tempat yang kami kunjungi. Aksi sosial tersebut adalah sosialisasi DILARANG MEMBUANG SAMPAH DI LAUT !!! 

Aksi sosial kami lakukan dengan memasang warning board di tepi pantai yang kami kunjungi dan juga aksi bersih pantai (beach clean up). Maksud dan tujuan pemasangan warning board tersebut hanya sebuah pesan berupa kalimat ajakan untuk tidak membuang sampah di laut. Targetnya sendiri yaitu pengunjung pulau dan pantai serta warga sekitarnya. Tujuan lainnya, agar pesan yang kita sampaikan melalui warning board tersebut sampai kepada yang membaca, dengan harapan terciptanya pulau dan pantai yang indah, terhindar dari sampah yang dapat menggangu ekosistem laut dan juga kurangnya kenyamaanan pantai.

Kegiatan aksi sosial Kaki Baminyak sudah dilakukan di beberapa pantai Indonesia, pemasangan warning board sudah kita lakukan di Pantai Sadranan (Wonosari Yogyakarta), Pantai Glagah (Yogyakarta), Pulau Pantai Krui (Lampung Barat), Pulau Sabesi (Lampung Selatan), pantai anak gunung Krakatau (Lampung Selatan), pulau Pahawang (Lampung Selatan), pulau Karimun Jawa (Jepara), Gili Trawangan (Lombok), Pantai PEDE (Labuan Bajo-Flores), Pulau Komodo (Flores). Kesulitan kita selama pemasangan warning board adalah mencari pantai yang biasanya di kunjungi wisatawan, lalu pantai yang terlihat kurang bersih. Sebelum memasang warning board tersebut kami harus memilih tempat yang pas, tujuanya agar papan yang kita pasang dapat dibaca dan pahami oleh mereka para wisatawan dan juga warga setempat.

Aksi sosial Dilarang Membuang Sampah Di Laut kita jalani dari 23 Agustus 2013 pada saat trip pertama kita untuk memasangkan Warning Board di Selatan Yogyakarta tepatnya di Pantai Sadranan Yogyakarta dan sampai saat ini, terakhir kita pasang waning board sebulan yang lalu di Labuan Bajo dan Pulau Komodo bulan September 8 2014.

Harapan kami semoga aksi konservasi bersihkan laut dengan pemasangan warning board Dilarang Membuang Sampah di laut yang telah kami lakukan dihargai oleh mereka yang melihat pesan yang kami sampaikan tersebut.

Tuhan sudah memberi kita laut yang indah maka kita yang menikmatinya harus menjaga apa yang telah Dia berikan. Kalau pantai kita bersih dari sampah maka kita juga yang menikmati pantai itu, apabila laut kita bersih maka ekosistem didalamnya akan tetap terjaga. Pokoknya kita harus mencintai kebersihan dan kita harus menjaga keindahan alam agar tetap bersih juga Indah. [Ichsan Hadi Perdana/End]

-salam lestari- 

#kakibaminyak #dilarangmembuangsampahdilaut

Penulis : Ichsan Hadi Perdana – Jakarta Timur

Sebarkan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    389
    Shares
Follow Travelnatic:

Travelnatic Magazine is magazine about tourism and traveling in Indonesia or by Indonesian. Every people can shared their travel story here. Send me by email at redaksi@travelnatic.com

Komentar Pembaca