Kemeriahan OutFest 2016 Surabaya

Kemeriahan OutFest 2016 Surabaya

posted in: Event Review | 0

Indonesia International Outdoor Festival Road to Surabaya 2016. Outfest 2016 Surabaya yang kedua ini diselenggarakan di JX International Convention Exhibition dari tanggal 10 November – 13 November 2016. Bertempat di jalan Ahmad Yani nomor 99 Surabaya, dengan taglineOutdoor is Our Future “.

Beragam acara ada didalamnya. Dimulai di hari pertama dengan serangkaian acara pembukaan Outfest 2016. Di hari kedua, diadakan  Seminar Nasional “Indonesia Adventure Tourism” dengan bahasan membedah potensi wisata petualang Indonesia dari desa. Digelar tanggal 11 November 2016 dari pukul 13.00 hingga 17.00 WIB. Pembicaranya adalah Vryedta Ilfia, CEO Caldera Corp, Asruri Syam, Penyedia Jasa Wisata Minat Khusus, Ir., Erna Rosdiana, M., Si, Kepala Sub Dir Penyiapan Hutan Desa Kementrian Lingkungan Hidup, dan Ronie Ibrahim, Founder Indonesia Outfest.

Hari ketiga diadakan Seminar Outdoorpreneur dengan bahasan menjadikan hobi kamu di dunia petualang menjadi peluang usaha dengan konsep digital marketing yang sedang tren saat ini. Pembicaranya adalah Teja Sari, CEO Merapi Mountain, Kusnaidi Asaini, Business Strategist At Fati Solution, Bara Al Azis, Owner Travelmie, dan Yuiz, CEO Cozmeed. Seminar ini digelar tanggal 12 November 2016 pukul 13.00 sampai 17.00 WIB.

Yang terakhir, yaitu pada hari ketiga diadakan seminar K3, Safety Pada Ketinggian. Digelar tanggal 13 November 2016 pukul 13.00 sampai 17.00 WIB, dengan pembicara Danar Raardia, ST., MT., Pengawas K3 Kemenaker, M. Ruslan Zulkarnain, Penggiat Alam Bebas dan Instruktur Array, serta Chandra Perdana, Penggiat Alam Bebas dan Instruktur Array.

Kota Surabaya menjadi representasi wilayah timur Indonesia dengan mengusung tema yang sama dari kota sebelumnya yaitu Bandung. Bergabungnya seluruh komunitas outdoor dari wilayah Indonesia Timur menjadi tujuan dari penyelenggaraan acara ini, disamping tetap menampilkan aneka produk outdoor terbaru dari berbagai brand. Acara  Outfest 2016 sudah bisa dikunjungi dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Tiketnya bisa didapatkan dengan cara mudah. Kamu bisa membeli langsung di tempat penjualan tiket dengan harga Rp 15.000. Jika  kamu ingin mendapatkan potongan sebesar Rp 5000 juga bisa. Caranya  sebelum pergi ke outfest sebaiknya kamu mendaftar online dulu melalui situsnya yang gampang ditemukan di Google. Jadi kamu bisa masuk ke tempat penyelenggaraan acara hanya dengan membayar Rp10.000,00 saja. Hemat kan? Oya, satu alamat email yang kamu miliki hanya bisa digunakan untuk satu kali registrasi saja. Sesudah terregistrasi dan mendapatkan barcode melalui email-mu, tunjukkan kepada petugas yang berada di tempat pembelian tiket. Bila sudah membayar lunas, kamu akan mendapatkan gelang untuk masuk ke tempat penyelenggaraan acara.

Ini pengalaman saya saat berkunjung kesana beberapa waktu lalu. Setelah mendapatkan gelang pengunjung, saya sendiri tidak sabar untuk segera masuk. Ramai, adalah kesan pertama yang saya lihat saat menjejakkan kaki ke dalam. Banyak stand, banyak orang dan tentunya banyak barang yang bisa saya lihat. Beberapa sangat mencuri perhatian saya. Stand Nalgene, diantaranya. Stand ini menjual tumbler atau tempat minum aneka rupa dengan diskon yang nggak tanggung-tanggung besarnya. Mengapa saya katakan aneka rupa? Karena selain botol minum biasa, Nalgene menyediakan botol minum yang mampu menyala di dalam gelap dengan beragam ukuran yang tersedia. Ada ukuran 350 ml, 500 ml, 550 ml, 600 ml, 700 ml, 750 ml, 1000 ml hingga 1500 ml.

Bergeser sedikit dari tempat pertama saya berhenti, saya pun menilik stand Alpina dengan beragam produk unggulannya yang memikat hati. Topi waterproof hingga tas waterproof bisa kamu dapatkan disini dengan warna sesuai selera kamu. Oranye, biru, kuning dan hijau stabilo bisa kamu jadikan tempat aman menyimpan barang berharga milikmu, saat hujan datang menyerbu petualanganmu di alam bebas. Harganya juga masih aman kok untuk kantong. Cuma Rp 85.000 untuk topi, dan Rp 145.000 untuk tas.

Saya bergerak sedikit lagi ke sebelahnya, dan teringat dengan beberapa hal yang sedang tren juga sekarang ini. Sebagian besar orang saat ini punya hobi baru, yaitu bergelantungan diantara pohon yang satu dan pohon yang lain. Kalau kamu juga suka, bisa disalurkan kok, dengan membeli hammock keren untuk menunjang aktivitas itu. Nggak hanya bermotif polos dengan ragam warna memikat mata, di outfest kamu bisa menemukan hammock etnic cantik untuk mewarnai liburanmu diantara kabut pepohonan.

Tidak ketinggalan, Rain Coat, Pocket First Aid Kit, Field Notebook, Sleepin Blanket, Pouch Field Notebook, Snake Bite Kit, Diercon Water Filter, bermacam T-Shirt, gelang etnic beraneka series dari Papua, Toraja, Flores, Tombulu, Ulos pasti ingin kamu miliki saat berkunjung ke outfest ini.

Masih banyak benda lain yang mencuri perhatian saya dan menggugah rasa memiliki saya. Sepeda untuk yang hobi berolahraga mengayuh, uniknya koleksi dari AKSA 7, bandana Ulos untuk mempercantik rambut, sepatu, Mini Carier, Dry Bag, tenda, Snorkeling Equipment, Jacket, celana, Flanel Shirt, bisa kamu beli disini dengan harga bersahabat. Brand besar seperti : Eiger, Rei, Outdoor Pro, Cozmeed, Avtec dan masih banyak yang lainnya juga hadir memeriahkan event ini dengan memberikan diskon sebesar10-15 persen.

Selain banyak stand yang menyediakan keperluan petualanganmu, di outfest 2016 kali ini banyak juga organisasi outdoor yang unjuk gigi. Basarnas, paling memikat dengan peralatannya yang dipajang di acara outfest. Nampak sangat total termasuk saat harus berurusan dengan tugas pencarian dan pertolongan. Pendidikan, pelatihan, dan pengembangan sumber daya manusia di bidang SAR tidak main-main. Saya masih menyusuri kemeriahan outfest sampai menengok stand Sahabat Alam Indonesia. Sebuah komunitas penuh edukasi, untuk menanamkan rasa  sayang dan peduli pada lingkungan. Saya juga berkenalan dan bermain bersama komunitas Bumerang Indonesia. Komunitas ini tersebar di seluruh Indonesia dan beranggotakan para pecinta olahraga bumerang. Mereka berbagi pengetahuan pengembangan olahraga bumerang agar tetap inovatif.

Para penggiat wisata juga ada di outfest 2016. Salah satu yang pernah saya kunjungi adalah Songa Rafting. Songa Rafting menawarkan kegiatan di alam bebas seperti mengarungi sungai terbaik di Jawa Timur yang sensasional. Konon menurut sejarah tahun 1357 M, Prabu Hayam Wuruk adalah orang pertama yang menjadi saksi keindahannya. Mereka menyediakan juga Outdoor Cottage, Bromo Tour, Paint Ball, dan Outbond Training. Kalau kamu penasaran seperti apa acara outfest, nantikan kehadirannya di kota kamu pada penyelenggaraan outfest berikutnya. [Lida Maya Setyowati/End]

Penyunting : Nurul Amin

Sebarkan :
  • 327
  • 298
  • 269
  •  
  •  
  •  
    894
    Shares
Follow Lida Harryanto:

Tinggal di Semarang.

Komentar anda?