Kuliner Khas Purwokerto

Kuliner Khas Purwokerto

posted in: Culinary | 0

Berkunjung ke Kota Satria tak lengkap rasanya untuk mencoba kuliner khas Purwokerto. Salah satunya adalah Sroto atau Soto Ayam Jalan Bank Haji Loso, yang lokasinya berada di Jalan R. A. Wiryaatmaja atau lebih dikenal dengan Jalan Bank.

Soto Ayam Jalan Bank ini sudah ada sejak tahun 1950an. Dirintis pertama kali oleh Pak Tirta kemudian diteruskan oleh keluarganya. Haji Soeloso atau Haji Loso adalah penerus generasi ketiga. Soto yang turun temurun mengandalkan racikan keluarga ini pun berkembang pesat hingga akhirnya menempati dua rumah untuk menampung para pembeli. Pada tahun 2002 Soto Ayam Jalan Bank didaftarkan hak patennya oleh Haji Loso.

Yang unik pada soto khas Purwokerto ini adalah bumbu kacangnya, karena soto pada umumnya hanya terlihat berkuah bening saja. Satu mangkok soto berisi; potongan kupat, suwiran ayam kampung, taoge, potongan daun bawang, krupuk mie dan krupuk warna yang dihancurkan, lalu kuah yang berkaldu. Sebagai pelengkap kenikmatan soto tersebut tentunya bumbu kacang dan kecap yang disesuaikan dengan selera kita. Untuk menikmati satu porsi mangkok soto cukup merogoh kocek Rp 14.000 saja.

Jika kita makan di tempat, di bagian dinding terdapat banyak sekali foto mulai dari presiden, pejabat, hingga artis terkenal yang sudah sempat menikmati kelezatan Soto Ayam Jalan Bank ini. Selain itu Soto Ayam Jalan Bank juga menerima pesanan untuk acara tertentu. Penasaran dengan Sroto atau Soto ini? Yuk berkunjung ke Purwokerto.

Soto Ayam (Sroto) Jalan Bank Asli Ayam Kampung Haji Loso
Lokasi : Jalan R. A. Wiryaatmaja, telp 0281 639353 / 630228

Es Duren Legendaris Tugu Bancar Purbalingga

Sedikit ke timur dari Kota Purwokerto adalah Kabupaten Purbalingga. Di Jalan Tugu Bancar Purbalingga terdapat es durian atau lazim dilafazkan es duren yang sangat terkenal. Namanya Es Duren Kombinasi Pak Kasdi. Lokasinya berada di depan Tugu Bancar atau depan Kodim 0702 Purbalingga. Pelanggannya pun beragam, mulai dari warga sekitar Purbalingga hingga luar daerah.

Tempatnya cukup mudah dicari; dari alun–alun kearah timur, lurus terus sampai Kodim 0702 atau Tugu Bancar, lalu belok kiri sedikit ada kios, Es Duren Kombinasi Pak Kasdi berada di sebelah kiri sebelum jembatan. Es Duren Kombinasi ini juga membuka cabang di depan GOR Satria Purwokerto, depan BKD Kabupaten Banyumas (dari GOR Satria ke selatan), dan di Taman Usman Janati City Park Kota Purbalingga.

Pemilik Es Duren Kombinasi, Pak Kasdi, mulai berjualan es ini sejak tahun 1969 dengan menggunakan tenda sebelum akhirnya menempati kios di depan Tugu Bancar. Meski durian adalah buah musiman, namun ia tak pernah berhenti berjualan karena mendapat pasokan durian dari berbagai daerah seperti Lampung, Medan, dan dari Jawa Tengah.

Satu porsi Es Duren berisi kira–kira 4 sendok makan daging durian, diberi santan, gula jawa cair, es serut, lalu disiram dengan susu kental manis putih juga coklat.  Rasanya benar–benar gurih dan nikmat memanjakan lidah. Sangat cocok dinikmati disiang hari yang panas. Semangkok es duren dibanderol dengan harga Rp 16 ribu. Selain es duren, ada juga es campur, dan es kopyor, boleh juga ditambahi dengan durian jika ingin.

Jika anda penggemar buah durian dan kebetulan sedang berada di kota Purbalingga atau Purwokerto, anda harus mencoba es duren legendaris ini, dijamin pasti ketagihan. [Olipe/End]

Es Duren Kombinasi Pak Kasdi
Jalan Tugu Bancar, 0281 895717.

Penulis: Olipe

Penyunting : Bela Jannahti

Sebarkan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    354
    Shares
Follow Travelnatic:

Travelnatic Magazine is magazine about tourism and traveling in Indonesia or by Indonesian. Every people can shared their travel story here. Send me by email at redaksi@travelnatic.com

Komentar Pembaca