Makan di Gunung Jangan Sekedar Makan Mie Instant

Makan di Gunung Jangan Sekedar Makan Mie Instant

posted in: Culinary, Tips & Trik | 0

Banyak yang bilang bahwa sebagian besar makanan di gunung adalah makanan terlezat di dunia. Masa iya? kalau tak percaya, tanyakan saja pada beberapa pendaki. Makan di gunung menjadi spesial dan begitu lezat karena dua faktor faktor utama. Apakah itu?

Pertama, tentunya kondisi perut yang lapar. Makanan apapun yang dimakan dengan bumbu lapar akan jadi lezat. Pernah coba? Kedua. Situasi dan kondisi. Makan di gunung berarti kamu sedang makan di restoran atau kafe termewah di dunia. Dimana lagi kamu akan makan di tempat dengan ketinggian ribuan meter, ditemani lautan awan atau taburan bintang, plus suhu dingin yang asoy?

Ngomong-ngomong tentang makan digunung. Beberapa menu dari sobat Suryaning Prastuti dan Ngisalois ini mungkin bisa dicoba. Ketimbang melulu naik gunung makan mie instant yang kurang bergizi, mending deh rela bawa beban berat demi mendapatkan kelezatan dan kenyamanan saat makan di gunung.

Makan mie instant mungkin jadi pilihan menu makan di gunung oleh banyak pendaki pemula karena praktis dan simpel. namanya juga mie instant, instant bikinnya, instant makannya, instant juga kenyangnya. Belum berapa lama setelah makan, sudah lapar lagi. Kan ga asyik banget. Padahal mendaki gunung sebagai olahraga berat membutuhkan asupan gizi dan kalori yang banyak.

Coba, bersakit-sakit dahulu (bawa beban bahan makanan bergizi), bersenang-senang kemudian (makan makanan lezat ditempat istimewa). Dijamin engga rugi dan pasti jadi momen berkesan deh.

Ini dia menu yang sering dimasak Suryaning Prastuti dan Ngisalois saat naik gunung :

Sup Buah

Bahan : apel, mangga, buah naga, pir (buah-buahan yang tidak mudah busuk dan lembek/sesuai selera), sirup (sesuai selera), susu kental, dan air putih

Cara pembuatan : potong apel, mangga, buah naga, pir ( untuk buah sesuai selera, tapi untuk buah pir recomended :D. Campurkan air putih, sirup, susu putih (untuk jumlah dan takaran manisnya sesuai selera ya). Kalau susu dan sirupnya sudah larut, masukkan potongan buah ke dalam campuran air, susu, dan sirup.

Jadi dehhhh sup buahnyaa! .. Simple kan ..Tapi kan di gunung mana ada buah-buahan sebanyak itu ?Ya bawa dong dari rumah heehehe.. 🙂

Spagetty

Bahan : spagetty, sosis, saus (merek lafonte).

Cara pembuatan : potong sosis menjadi 4 bagian (sesuai selera), tusukkan spagetty ke dalam sosi, rebus spagetty sampai masak, terakhir masukkan saus lafonte, lalu aduk secara merata…Jadi dehh..!

Loohhh..Ya sama aja bikin mie instant? Beda kok, kan pake sosis hahahaha 😀

Pancake

Ini kalau males banget masak nasi, males nunggu lama kalian bisa coba bikin pancake.. Dijamin kenyang deh..Apalagi buat nemenin secangkir kopi. Whoaaamantaaappppsss! 😀

Bahan : tepung terigu, gula pasir, santan, air putih, mentega dan garam

Cara pembuatan : campurkan tepung terigu (1/4 kg), gula pasir(5 sendok), santan, air putih, garam (satu sendok teh). Aduk hingga mengental. Usahakan jangan terlalu encer. Panaskan teflon kecil beri sedikit minyak/mentega. Prosesnya sama seperti membuat dadar telur. Pancake yang sudah matang akan timbul lubang-lubang kecil diatasnya. Pancake siap dinikmati dengan olesan madu/susu coklat (sesuai selera).

Buat kalian yang suka asin. Bisa juga membuatnya tanpa gula, hanya memakai garam. Takarannya dicoba sendiri ya.

Tumis Jamur

Bahan : Jamur, Bawang putih, cabe, garam dan penyedap rasa.

Cara pembuatan : potong jamur, potong halus bawang putih, cabe lalu tumis, masukkan garam dan penyedap rasa secukupnya. Masukkan jamur, tambahkan air sedikit kemudian tunggu hingga matang.

Puding Apel

Bahan : Nutrigel sachet, air putih, Irisan buah apel dan gula pasir

Cara pembuatan : larutkan nutrigel dengan 3 cangkir air putih. Panaskan kemudian beri empat sendok gula pasir (sesuai selera), kemudian tunggu sampai mendidih. Angkat, lalu masukkan irisan apel, lalu diamkan. Tunggu hingga puding mengeras.

Tumisius (tumisnya dimasak serius)

Bahan : jagung (yang ranum ya), bakso, kacang panjang, bawang putih, cabe, minyak goreng garam dan penyedap rasa.

Cara pembuatan : serut jagung, potong bakso dan kacang panjang. Potong halus bawang putih dan cabe, kemudian tumis. Tambahkan garam dan penyedap rasa sesuai selera. Masukkan jagung, kacang panjang dan baks. Tambahkan air sedikit, tunggu hingga matang.

Sup Bakso

Bahan : satu paket sayur sop (kol, wortel, loncang, seledri), bakso, kunyit, merica, bawang putih, minyak goreng, gula jawa, garam dan penyedap rasa.

Cara pembuatan :haluskan merica, bawang putih, kunyit (bawa cobek ya, biar enak buat halusinnya). Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, lalu kemudian masukkan air, tunggu hingga mendidih. Tambahkan garam, gula jawa dan penyedap rasa. Setelah mendidih masukkan bakso dan sayur-sayuran. Tunggu hingga matang.

Nah! Ini beberapa pengalaman masaknya Suryaning Prastuti dan Ngisalois di gunung. Simpel dan yang pasti bikin perut tetap kenyang. Kalau diperhatikan, seperti membawa dapur di rumah ke atas gunung ya! Haha. Tapi nggak apa-apa, demi memenuhi asupan gizi selama naik gunung, mendapatkan kenyamanan saat makan dan mendapatkan momen makan yang berkesan, tidak terlalu masalah kan bawa beban berat? Tentu saja menu-menu ini termasuk makanan yang cukup bergizi jika dibanding mie instant. Dan pastinya lezat sekali saat dinikmati di suasana gunung yang tepat dengan pemandangan indah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba kawan-kawan pejalan! [End]

Penulis : Muhammad Ngisalouis dan Suryaning prastuti.

Penyunting : Nurul Amin

Sebarkan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    327
    Shares
Follow Travelnatic:

Travelnatic Magazine is magazine about tourism and traveling in Indonesia or by Indonesian. Every people can shared their travel story here. Send me by email at redaksi@travelnatic.com

Komentar Pembaca