MENDAKI SAAT MUSIM HUJAN

posted in: Tips & Trik | 0

Bagi sebagian pendaki, musim hujan bukan halangan untuk melakukan pendakian. Sebagian pendaki bahkan ada yang beranggapan bahwa mendaki pada musim hujan biasanya lebih banyak membawa kesan dan cerita.Ada juga yang memilih mendaki pada musim hujan karena pada saat inilah, jalur pendakian dan spot lainnya di gunung tidak seramai ketika musim kemarau.

Mendaki gunung ketika musim hujan bagi sebagian pendaki lebih merepotkan dan lebih terasa cepat lelah dibandingkan ketika mendaki pada musim kemarau. Mendaki ketika musim hujan, sudah pasti harus bersiap-siap diguyur hujan ketika mendaki, bahkan terkadang hujan tidak berhenti hingga keesokan harinya. Lalu, bagaimanakah caranya aga tetap bisa mendaki ketika musim hujan?

Berikut tips mendaki di musim hujan agar pendakian tetap menyenangkan dan aman tentunya.

  1. Menjaga kesehatan hingga hari-H pendakian. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, sobat juga bisa mengonsumsi vitamin agar tubuh tetap bugar hingga hari-H pendakian. Jangan lupa berolah raga karena tubuh akan beraktivitas lebih ekstra pada saat mendaki.
  1. Memilih tujuan gunung dengan trek aman. Sebaiknya hindari gunung dengan trek yang rawan longsor atau banjir, lalu carilah sebanyak mungkin informasi mengenai jalur pendakian.
  1. Memantau cuaca sesering mungkin. Selain menggunakan aplikasi prakiraan cuaca di handphone, sobat bisa bertanya ke masyarakat lokal ataupun kontak basecamp gunung yang ingin didaki.
  1. Menyiapkan gear yang nyaman dan aman. Gunakan sepatu gunung waterproof dan jas hujan untuk melindungi tubuh dari kondisi terlalu basah. Membawa pakaian dry fit akan membuat beban tas/carrier lebih ringan. Selain lebih mudah kering, juga meminimalisir resiko hipotermia.
  1. Membawa logistik yang cukup. Pada saat hujan, tubuh membutuhkan energi yang besar untuk menyesuaikan perubahan suhu. Bawalah minuman hangat dan makanan berkuah yang mudah dimasak/dipanaskan.
  1. Melapisi barang-barang di dalam tas/carrier dengan dry bag. Bisa juga menggunakan trash bag atau plastik vakum.
  2. Membawa webbing, emergency blanket, P3K dan alat survival lainnya.
  3. Tetap menikmati perjalanan. Walaupun hujan, kabut dan stamina lebih terkuras, pendakian saat hujan punya nilai cerita dan keseruan tersendiri. Tetap semangat, sobat!
  1. Berhenti mendaki jika kondisi tidak memungkinkan. Puncak gunung ga ke mana-mana, si dia dan keluarga menunggumu pulang dengan selamat.
  1. Berdoa untuk kelancaran pendakian.

 

Tips Mendaki Saat Musim Hujan. Foto: Dok Andika Anjani

 

Penyunting : Dya Iganov

Dokumentasi foto : Andika Anjani

Sebarkan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Follow Dya Iganov:

Tinggal di Bandung. Menggemari kegiatan traveling sejak kecil. Aktif di Voluntrider (Rider - Volunteer) Perjalanan Cahaya. Aktif mempromosikan wisata Indonesia, khususnya Jawa Barat lewat artikel diberbagai majalah dan blog. Pemilik www.dyaiganov.com

Leave a Reply