MENGEKSPLORE AIR TERJUN KETIKA MUSIM HUJAN

posted in: Tips & Trik | 0

Bermain ke air terjun pada musim hujan untuk sebagian orang memang dihindari. Bahaya air bah, banjir bandang, longsor, hingga pohon tumbang menjadi beberapa pertimbangan untuk mengunjungi air terjun pada musim hujan. Namun, kebanyakan air terjun justru akan muncul ketika musim hujan. Pada saat kemarau, kebanyakan air terjun non permanen akan menghilang kembali.

Bagi traveler yang memang menyukai air terjun, musim hujan justru waktunya untuk mengksplore keindahan air terjun, terutama air terjun yang masih belum dibuka sebagai tempat wisata. Lalu bagaimanakah caranya tetap berkunjung ke air terjun yang belum merupakan objek wisata yang dikelola meskipun saat musim hujan? Berikut tips ala Travelnatic untuk teman-teman yang ingin mengeksplore air terjun ketika musim hujan:

  1. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai air terjun tujuan. Carilah informasi kondisi pada musim hujan dan pada musim kemarau agar memiliki perbandingan kondisi daerah yang akan dilalui. Semakin baru informasi yang didapat, semakin baik.
  2. Cari juga informasi kondisi jalan menuju air terjun. Terkadang, jalan harus melalui jalan desa dengan kondisi makadam dan tidak ramah untuk kendaraan jenis sedan atau mini bus. Bahkan, terkadang malah aksesnya tidak dapat dilalui mobil sama sekali.
  3. Apabila lokasi air terjun berada di daerah rawan bencana, pastikan mencari informasi terbaru mengenai keadaan akses kendaraan. Bisa saja terjadi tanah longsor, jalan amblas, atau jembatan putus di jalur yang akan dilalui menuju air terjun tujuan.
  4. Selalu bertanya pada warga setempat mengenai akses menuju air terjun. Jangan ragu untuk meminta bantuan warga untuk mengantar ke area air terjun. Warga setempat lebih mengenal medan dan cuaca di daerah tersebut. Terlebih jika informasi mengenai air terjun tujuan hanya sedikit didapat
  5. Gunakanlah pakaian yang mendukung. Tidak jarang, air terjun seperti ini memiliki medan treking cukup berat dan berbahaya. Tidak ada salahnya menggunakan sepatu trekking, celana dan kaos berbahan quick dry, membawa tas yang nyaman digunakan untuk trekking, serta membawa barang bawaan seperlunya.
  6. Bawa logsitik seperti makanan ringan dan air putih karena belum tentu akan ada warung di sekitar area air terjun yang akan didatangi. Selain itu, persediaan logistik diperlukan untuk menjaga stamina tetap fit selama perjalanan menuju air terjun hingga kembali lagi
  7. Bawa selalu pakaian ganti, kaos kaki ganti, dan sandal gunung sebagai cadangan. Lebih baik titipkan baju dan sepatu/sandal cadangan di rumah warga, jangan lupa meminta izin terlebih dahulu. Selain agar cadangan pakaian tetap kering, hal ini juga mencegah kita membawa beban yang berlebih
  8. Selalu bawa jaket waterproof, raincoat, dan obat-obatan selama trekking. Selain logistik, barang-barang pelengkap ini pun tidak kalah penting dibawa selama treking. Bisa saja hujan turun ketika akan menuju air terjun ataupun pada saat pulang dari air terjun.
  9. Bila perlu, bawalah webbing atau cari batang pohon cukup besar yang ditemui di sekitar jalur yang dapat digunakan sebagai tongkat. Tidak jarang, medan menuju air terjun belum ada sama sekali, bahkan harus sedikit memanjat atau masuk ke aliran sungai.
  10. Ikuti saran warga. Terkadang ketika persiapan fisik dan logistik sudah memadai, warga di sekitar menyarankan untuk tidak mendatangi air terjun tersebut. Sebaiknya ikuti saran warga atau setidaknya meminta bantuan dua atau tiga orang warga untuk mengantar.
  11. Ada kalanya, jalan menuju air terjun terputus oleh longsor, pohon tumbang, atau aliran sungai yang meluap. Jika sudah seperti ini, sebaiknya segera kembali dan tunda perjalanan hingga medan dapat dilalui
  12. Selalu berdoa sebelum dan saat melakukan kegiatan eksplore air terjun

 

Tips Mengeksplore Air Terjun Ketika Musim Hujan. Foto: Dok. Dya Iganov

 

Dokumentasi foto : Dya Iganov

Sebarkan :
  • 10
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares
Follow Dya Iganov:

Tinggal di Bandung. Menggemari kegiatan traveling sejak kecil. Aktif di Voluntrider (Rider - Volunteer) Perjalanan Cahaya. Aktif mempromosikan wisata Indonesia, khususnya Jawa Barat lewat artikel diberbagai majalah dan blog. Pemilik www.dyaiganov.com

Leave a Reply