Menikmati Panorama Persawahan yang Indah di Cilawu, Garut

Menikmati Panorama Persawahan yang Indah di Cilawu, Garut

posted in: Destination | 1

Permukaannya berundak, berbukit dengan nuansa hijau pesawahan. Diantaranya suara gemuruh air mengalir deras berkelok menuju hilir. Terkadang terdengar suara lantunan lagu khas masyarakat sunda dari balik bilik-bilik bambu warung warga setempat. Terlihat pula sekumpulan anak kecil berdiri di atas batuan bundar berukuran besar. Mereka saling tertawa, mencipratkan air sungai ke sesama dari mereka. Mereka terlihat bahagia memiliki alam seindah ini. Inilah keindahan yang sempurna, alam Cilawu.

Jika para traveler akan berkunjung ke Kota Tasikmalaya dan sekitarnya dari arah Ibu Kota atau Bandung, cobalah melewati jalur Garut-Singaparna. Para traveler akan mendapatkan nuansa yang berbeda di banding melintasi jalur Garut-Malangbong-Tasikmalaya yang terbilang sulit dan ramai. Disini, kalian akan disuguhi oleh panorama alam yang luar biasa. Selain itu, jalur ini tidak terlalu ramai seperti halnya jalur lintas selatan yang menjadi favorit para pemudik ketika hari raya tiba.

Keeksotisan gunung-gunung vulkanik di Kota Garut sampai Tasikmalaya akan menjadi hadiah untuk para traveler semua. Seperti halnya, Gunung Guntur, Gunung Papandayan, Gunung Cikuray, Gunung Talagabodas, sampai Gunung Galunggung akan menjadi sajian alam yang tiada dua. Selain itu, nuansa pedesaan yang masih terjaga oleh masyarakat setempat membuat hati akan selalu rindu dan ingin kembali ke tempat ini.

Satu titik lokasi yang harus dicoba oleh para traveler adalah menikmati keindahan alam Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kawasan disini masih berupa hamparan persawahan yang hijau. Sawah dibuat terasering membentuk tangga alami mengikuti permukaan lembah. Di ujung lembah terdapat sungai yang mengalir deras berkelok mengikuti titik yang rendah. Masih belum banyak rumah-rumah yang berdiri di kawasan ini. Itu sebabnya, keindahan alam Cilawu masih terlihat asri.

Kawasan ini adalah kawasan yang sangat subur. Tiga gunung api mengapit kawasan ini. Seperti halnya Gunung Cikuray, Gunung Talagabodas, dan Gunung Galunggung menjaga kesuburan tanah Cilawu. Berada di ketinggian 950-1200 MDPL udara terasa sangat sejuk. Sinar matahari akan terasa hangat. Sangat cocok untuk menjadikan tempat ini sebagai area pertanian sayur-sayuran. Seperti halnya, bawang merah ataupun putih, bawang daun, kubis, wortel, dan juga seperti tumbuhan kopi dan teh. Bahkan buah-buahan seperti strawberry akan mudah tumbuh dengan sempurna.

Jika para traveler yang berasal dari Kota Bandung, Cilawu dapat ditempuh dengan jarak sekitar 98 Km atau sekitar 20 Km dari Kota Garut ke arah Singaparna. Jangan sampai melewatkan moment untuk memotret sisi demi sisi keindahan alam disini. Kendaraan dapat diparkir di area yang luas sepanjang jalur tersebut. Beberapa warung warga menjajakan aneka makanan dan minuman untuk menemani kalian menikmati alam nan indah ini.

Persawahan tepat berada di kaki Gunung Talagabodas yang hijau. Terkadang awan-awan tebal membalut tubuh gunung tersebut. Tak jauh dari tempat ini pun terdapat areal perkebunan teh Nusantara bernama Dayeuhmagung. Lokasinya berada di kaki Gunung Cikuray. Satu gunung berbentuk kerucut sempurna. Namun Cikuray bukan lah gunung api yang aktif seperti halnya Gunung Papandayan dan Talagabodas.

Tak jauh dari perkebunan Teh Dayeuhmagung pun terdapat area lapang golf yang asri. Di pagari oleh pohon-pohon pinus yang membuat kawasan teduh. Segarnya udara pegunungan menjadi daya tarik untuk mencoba olahraga yang satu ini.

Untuk menikmati panorama alam Cilawu, pengunjung disarankan datang pada sore hari menjelang malam. Pancaran sinar matahari yang keemasan akan menyoroti hamparan sawah yang hijau. Burung-burung saling bersenandung terbang diatas persawahan. Burung-burung itu seperti bercerita menutup hari dan membukanya lagi keesokan hari dengan cerita lain. Cobalah rasakan sendiri! [Rendy Rizky Binawanto/End]

Penyunting : Nurul Amin

Sebarkan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    487
    Shares
Follow Rendy Rizky Binawanto:

Rendy Rizky Binawanto, seorang mahasiswa Geografi di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Bale Bandung. Ia seorang pejalan yang gemar bercerita. Cerita perjalanannya ia bagikan lewat beberapa media. Sebagai seorang geograf, sebuah perjalanan sangatlah berarti untuknya. Selain untuk penelitian lapangan juga untuk mengenali keunikan di setiap daerah yang ia kunjungi. Motivasinya dalam menjelajah adalah untuk menyebarkan keindahan dan kekayaan alam serta masyarakat yang hidup didalamnya, di luar lingkup orang-orang tinggal. Hal ini agar mereka bergerak dan menyebarkannya kembali kepada mereka yang diam.

One Response

  1. Cindy Cintia

    The best rend.. TingkatkanπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘
    Good luck yaa..

Komentar Pembaca