Model Palembang yang Cantik dan Menggoda

Model Palembang yang Cantik dan Menggoda

posted in: Culinary | 0

Model yang satu ini tak hanya digemari oleh warga Palembang, namun juga masyarakat Indonesia di kota lain. Banyak yang sudah mencicipinya akan ketagihan. Eits, jangan berpikir kemana-mana dulu. Model yang banyak digemari ini bukan model yang berlenggak-lenggok di catwalk, melainkan salah satu kekayaan kuliner Indonesia.

Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya dengan jenis kuliner. Mulai dari Sabang sampai Merauke, beragam kuliner khas Indonesia bias Anda pilih dan cicipi.

Kekayaan ragam kuliner di Negara kita membuat para  wisatawan lokal maupun wisatawan asing ketagihan untuk mengunjungi setiap sudut di Indonesia. Pasalnya setiap tempat yang ada di Indonesia mempunyai makanan khas sendiri-sendiri. Hal ini tentu akan membuat para wisatawan mendapatkan pengalaman yang baik dalam berkuliner.

Kali ini para Traveler Fanatic akan diajak membahas tentang kuliner yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Bagi kalian para pecinta kuliner, pasti sudah tahu bahwa Palembang dikenal sebagai surganya pempek. Pempek merupakan makanan khas Palembang yang telah dikenal seantero nusantara.

Tidak hanya pempek, Kota Palembang memiliki beragam kuliner khas yang sudah dikenal baik di Indonesia maupun di mancanegara, baik itu berupa makanan khas asli daerah Palembang sendiri maupun makanan yang merupakan perpaduan antara budaya local Palembang dan budaya Tionghoa. Itu sebabnya Palembang mendapat julukan sebagai “Kota Sejuta Kuliner”.

Sungai Musi yang menjadi ikon Kota Palembang juga merupakan penghasil sumberdaya alam yang melimpah terutama ikan, seperti ikan gabus, ikan patin dan ikan baung. Oleh karena itu jangan kaget ketika kalian mencicipi kuliner khas Kota Palembang, sebagian besar terbuat dari ikan air tawar yang memiliki kandungan protein dan nilai gizi yang sangat tinggi.

Salah satu ragam kuliner yang ada di Palembang ialah Model. Pastinya mendengar nama Model untuk jenis makanan cukup membuat orang awam penasaran. Model yang akan kita bahas ini bukan merupakan peraga busana, akan tetapi model disini adalah makanan khas dari Palembang yang berbahan dasar ikan seperti pempek pada umumnya. Model terdiri dari dua macam yaitu model ikan dan model gandum. Model gandum hanya terbuat dari adonan tepung terigu yang digoreng dan disajikan bersama kuah model. Sedangkan model ikan pada dasarnya dibuat dari adonan yang sama dengan pempek kapal selam.

Hal yang membedakan komposisi model ikan dan pempek kapal selam adalah adonan model yang terbuat dari ikan dan tepung tapioka diisi dengan tahu yang kemudian digoreng. Model dihidangkan lengkap bersama dengan kuah model yang terbuat dari rebusan kaldu udang. Sebagai pelengkap dan penambah rasa, model disajikan dengan campuran bihun atau soun, timun, ebi, jamur kuping dan bawang goreng.

Sebagian orang juga menambahkan sedikit jeruk kunci atau cuka pada kuah model untuk mendapatkan cita rasa yang sedap dan nikmat. Sangat disarankan bagi yang hobi pedas, kuah model yang panas ditambahkan cabe yang digiling. Tentunya akan menambah cita rasa dan djamin membuat berkeringat ketika menyantapnya. Sudah membayangkan dan merasakan liur berlebih di mulut? Berkunjunglah ke Palembang untuk mendapat sajian Model yang asli dan khas. [Ikbal Syukroni/End]

Penyunting : Bela Jannahti : Semarang

Sebarkan :
  • 197
  • 158
  • 112
  •  
  •  
  •  
    467
    Shares
Follow Ikbal Syukroni:

Tinggal di Martapura, Sumatera Selatan. Traveler yang menggemari kegiatan photography. Sedang menempuh studi S2 di Bogor.

Komentar anda?