Trabass : Nikmati Alam Jangan Tergesa-gesa, Sepedaan Aja!

Trabass : Nikmati Alam Jangan Tergesa-gesa, Sepedaan Aja!

posted in: Community Review | 0

Menurut World Bank, 70 persen sumber pencemaran berasal dari emisi gas buang kendaraan bermotor. Pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor yang tinggi menyebabkan pencemaran udara di Indonesia menjadi sangat serius. Saat ini terdapat lebih dari 20 juta unit kendaraan bermotor di Indonesia, kebayang kan betapa penuhnya Negara kita dengan polusi udara?

Logo Trabass. Dok. Trabass
Logo Trabass. Dok. Trabass

Travelnatic Magazine – Akhir-akhir ini minat masyarakat untuk mengurangi beban polusi yang ditanggung oleh bumi mulai meningkat,sudah banyak cara yang dilakukan untuk berusaha membantu bumi bebas dari polusi salah satunya yaitu dengan olahraga bersepeda.

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang menarik dan dapat dilakukan oleh siapa saja, tanpa memandang status usia dan jenis kelamin.

Beberapa penelitian bahkan telah menunjukkan sejumlah manfaat dari aktivitas sederhana ini sebagai alat untuk mempromosikan kesehatan secara keseluruhan

Inilah yang menginsipirasi beberapa anak muda yang tergabung dalam TRABASS, salah satu komunitas gowes di Martapura, OKU Timur. TRABASS sendirinya merupakan akronim dari Track Bebas Sebiduk Sehaluan. Menurut sejarah mereka, nama tersebut dideklarasikan sewaktu lagi istirahat di salah satu rumah makan Padang yang mempunyai makna sendiri untuk anggota bahawa mereka tidak terbatas jalur, mau jalur yang tanah maupun aspal mereka lahap semua, sebiduk sehaluan sendiri merupakan nama julukan untuk Kabupaten OKU Timur.

Anggota TRABASS sendirinya terdiri dari latar belakang pekerjaan yang berbeda-beda, usia tidak terbatas dari anak SMP sampai yang pensiunan juga ada. Walau berbeda tetapi keinginan mereka disebabkan oleh masalah yang sama yaitu melihat perkembangan zaman yang sudah tidak terkendali khususnya di bidang otomotif (kendaraan bermotor) yang sangat tajam, sehingga menimbulkan dampak yang sangat negatif dari berbagai aspek.

Kemacetan dimana-mana dan dampak yang terburuk adalah polusi udara yang berdampak pada kesehatan. Memandang masalah yang cukup kompleks tersebut, maka TRABASS tergerak untuk melakukan langkah kecil untuk hal yang besar, yaitu berkampanye untuk sedikitnya mengurangi tingkat polusi, khususnya polusi yang diakibatkan oleh sisa pembakaran yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor.

Setiap hari Minggu pagi sekitar pukul 06.00 Waktu Khusus TRABASS hehe, anggota selalu kumpul untuk briefing masalah rute, kebanyakan rute yang di tempuh selalu menikmati keindahan alam dan pedesaan. Rata-rata jarak tempuh yang TRABASS tergantung kemauan dari anggota sebelumnya.

Anggota tidak mematok berapa minimal dan maksimal jarak yang harus ditempuh. Hal yang terpenting dari mereka yaitu gowes dan bahagia, untuk saling mengakrabkan sesama anggota TRABASS memang sengaja untuk tidak sarapan di rumah sebelum jadi mereka ada ritual rutin yaitu setiap orang wajib membawa bekal untuk di campur jadi satu lalu dinikmati bersama di tengah perjalanan.

Rute favorit yang sering dilalui anggota TRABASS adalah hutan akasia yang berada di Martapura. Dengan komposisi track tanah basah dan udara segar dari pepohonan menjadi daya tarik untuk melepas kepenatan selama seminggu beraktivitas. Selain itu, anggota TRABASS juga sering menjajal rute-rute baru tanpa harus merusak alam.

Beberapa komunitas sepeda saat ini mempunyai motto mencintai alam tapi untuk meciptakan track baru dengan cara merusak beberapa sumber daya alam. Selain di alam TRABASS juga sering mengikuti event-event seperti funbike yang diselenggarakan komunitas sepeda lain.

Dengan melewati beberapa perdesaan, kemudian memasuki cagar-cagar alam, menikmati udara segar, kemudian termasuk bangun pagi adalah rangkaian hidup sehat yang akan selalu di sosialisasikan kepada masyarakat. Bertindak secara sederhana yaitu seperti bersepeda yang dilakukan para anggota TRABASS. Selain dapat kita mengurangi tingkat polusi yang sudah  sangat mengkhawatirkan kita juga bisa membantu setidaknya diri kita untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik, dan tentunya sesuai dengan motto TRABASS “dengan bersepeda kita bisa menikmati alam yang indah ini tanpa tergesa-gesa.” [Ikbal Syukroni/End]

Penyunting : Annas Chairunnisa Latifah

Sebarkan :
  • 96
  • 80
  • 82
  •  
  •  
  •  
    258
    Shares
Follow Ikbal Syukroni:

Tinggal di Martapura, Sumatera Selatan. Traveler yang menggemari kegiatan photography. Sedang menempuh studi S2 di Bogor.

Komentar anda?