Pantai Pasir Putih Manokwari dan Air Lautnya yang Bening

Pantai Pasir Putih Manokwari dan Air Lautnya yang Bening

posted in: Destination | 0

Pantai Pasir Putih Manokwari berjarak 5 Km dari pusat Kota Manokwari. Jika menggunakan kendaraan bermotor, kita bisa menempuhnya perjalanan selama 5 sampai 10 menit. Pantainya sangat indah dan bersih. Air laut di pantai ini tenang dan cocok untuk berenang di pantai saat air pasang.

Akses ke Pantai Pasir Putih sudah sangat bagus, ada jalan aspal mulus dari kota menuju ke pantai. Namun sayang, tidak ada angkutan umum menuju ke lokasi ini. Hanya ada ojek. Harga ojek dari kota menuju ke pasir putih sekitar Rp.20.0

Pantai Pasir Putih Manokwari yang bersih. Di kejauhan tampak Pulau Mansinam yang menahan ombak langsung dari laut. Dok. Melissa Siahaya

00,-. Akan lebih asyik jika menggunakan kendaraan sewaan atau pribadi. Karena selain pasir putih, ada banyak pantai lainnya di sekelilingnya, jadi kita bisa sekalian menelusuri pantai-pantai tersebut.

Pemandangan di sini masih sangat alami. Belum ada restaurant atau hotel di sekitar pantai ini, oleh karena itu, pantai ini masih sangat bersih dan alami. Pasir putih yang lembut terhampar dari ujung ke ujung, air lautnya pun masih sangat jernih. Bukan hanya pasir putih dan air laut yang jernih, masih banyak terdapat pohon-pohon rindang di pesisir pantai untuk berteduh.

Ada istilah air meti dan air pasang. Air meti artinya air laut surut, sedangkan air pasang artinya air laut naik. Nah saat air pasang, air akan naik hingga menutupi akar hingga batang pohon sehingga kita bisa melompat dari atas pohon ke dalam air.
Bisa dibayangkan sendiri rasanya terjun ke dalam air laut dari atas batang pohon.

Asyiknya lagi, air laut di Pantai Pasir Putih Manokwari sangatlah tenang. Hal ini karena posisi pantai Pasir Putih dan Kota Manokwari yang berada di teluk dan di depannya terdapat pulau yang menahan ombak langsung dari laut, yaitu Pulau Mansinam yang legendaris. Jadi, dengan air laut yang tenang nyaris tanpa ombak, pengunjung dapat berenang sepuasnya saat air sedang pasang naik.

Pantai Pasir Putih Manokwari ini belum dikelola untuk wisata massal oleh Pemerintah Kabupaten Manokwari. Meski begitu, pada hari Minggu dan hari libur, banyak keluarga yang melakukan piknik keluarga disini karena aksesnya yang mudah dari kota dan pantainya yang bersih dan indah. [Melissa Siahaya/End]

Foto-foto seru mandi di Pantai Pasir Putih Manokwari. (Klik gambar untuk memperbesar ukuran)

Sebarkan :
  • 402
  • 360
  • 312
  •  
  •  
  •  
    1.1K
    Shares
Follow Melissa Siahaya:

Tinggal di Manokwari, Papua Barat. Menyukai kegiatan traveling dan kuliner. Mulai suka mendaki gunung sejak tahun 2012. Fresh graduate.

Komentar anda?