Papandayan, Switzerland Van Java

Papandayan, Switzerland Van Java

posted in: Experience | 0

Saat itu waktu menunjukkan pukul 02.30 WIB. Sudah banyak orang yang berlalu-lalang di Terminal Guntur Garut. Ada supir bus, kenek angkot dan ibu-ibu yang berjualan di pinggiran terminal Guntur.

Trek Papandayan. Dok. Anindya Andari
Trek Papandayan. Dok. Anindya Andari

Travelnatic Magazine – Terminal Guntur merupakan meeting point sebelum melanjutkan perjalanan ke Cisurupan. Biasanya para pendaki, atau backpacker selalu menjadikan Terminal Guntur sebagai meeting point.

Sambil menunggu teman-teman yang lain datang dari Jakarta, kami beristirahat di masjid terminal Guntur. Setelah teman-teman yang lain datang kita bersiap untuk melanjutkan perjalanan ke Cisurupan. Perjalanan dari terminal Guntur ke Cisurupan akan ditempuh kurang lebih satu jam perjalanan.

Sedikit mengulas, Gunung Papandayan merupakan gunung api strato yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 kilometer sebelah tenggara Kota Bandung.

Gunung Papandayan merupakan gunung yang cukup landai, dan sangat cocok untuk pendaki pemula. Karena rute yang akan ditempuh tidak begitu terjal dan jaraknya cukup dekat, tapi tetap butuh kehati-hatian pada saat melakukann pendakian.

Setelah satu jam perjalanan sampailah di Desa Cisurupan. Desa Cisurupan adalah check point kedua setelah terminal Guntur. Waktu masih menunjukkan sekitar pukul 05.00, biasanya para pendaki berkumpul dan melakukan shalat subuh di Masjid Cisurupan.

Setelah shalat subuh dan melakukan cek ulang persiapan, kita bersiap-siap naik ke Colt Buntung yang biasa disewakan oleh penduduk setempat. Sekitar tahun 2012 medan yang di tempuh dari Cisurupan menuju Camp David masih jelek, jalan masih berlubang dan banyak batu-batuan. Tapi seiring dengan pemeliharaan yang dilakukan oleh pemerintah setempat saat ini medan menuju camp david sudah cukup bagus karena baru diaspal.

Kira-kira 30 menit perjalanan, kita sudah sampai di Camp David. Camp David merupakan tempat registrasi pendakian Gunung Papandayan. Setelah melakukan registrasi kita beristirahat sebentar di warung-warung yang ada di Camp David (sayangnya warung-warung di Camp David sekarang hanya tinggal sedikit dan dipindahkan agak kebawah karena tempat tersebut akan dijadikan Camp Ground Area). Biasanya anak-anak sering memesan kopi dan gorengan bahkan ada yang bungkus nasi untuk bekal makan siang nanti di atas.

Setelah cukup beristirahat untuk memulai pendakian, kira-kira pukul 08.00 kita memulai pendakian. Diawali dengan doa dan semangat kami membentuk lingkaran untuk berdoa. Baca Selanjutnya >>

Sebarkan :
  • 201
  • 156
  • 45
  •  
  •  
  •  
    402
    Shares
Follow Anindya Andhari:

Penikmat alam, gunung, prosa dan kopi ! Regards. Anindya.

Komentar anda?