Pesona Ukiran Al Quran Al Akbar

posted in: Destination | 0

Sudah pernah jalan ke Sumatera Selatan (Sumsel)? Provinsi ini patut masuk bucketlist tujuan wisatamu. Sebab, Sumsel terpilih menjadi Juara Umum dalam Anugerah Pesona Indonesia 2018. Bagaimana tidak, wilayah ini meraih penghargaan di tujuh nominasi.

 

Dua dari tujuh destinasi wisata yang mendapat penghargaan berada di Kota Palembang.  Salah satunya Bait Al-Quran Al-Akbar yang menjadi peringkat pertama Wisata Halal Terpopuler dari Kementerian Pariwisata. Seberapa menariknya pesona Al Quran Raksasa?

Diukir di Kayu Tembesu

Wisata Al-Quran Al-Akbar termasuk wisata religi karena dengan memandangnya saja bisa membuat hati tentram. Berlebihan? Memang patut disebut begitu karena ayat-ayat dari 30 juz ayat suci umat Islam itu ditampilkan dengan unik. Bayangkan saja 30 juz lengkap dengan tajwidnya diukir dalam lembaran 316 keping kayu tembesu. Terdiri dari 630 halaman dengan masing-masing dua keping sisi.

Lebih dari itu, kepingan kayu tembesu itu berukuran besar alias raksasa. Masing-masing halamannya berukuran 177 x 140 cm dan ketebalan 2,5 cm. Semuanya disusun sedemikian rupa sehingga membentuk rumah dengan lima lantai. Dibutuhkan luas lahan 250 meter untuk penempatannya. Itu sebabnya destinasi ini disebut juga dengan Rumah Al-Quran Raksasa. Pengunjung bahkan bisa memasuki setiap ruangnya dan menikmati dari dekat setiap ukiran ayat.

Kayu tembesu dipilih karena termasuk jenis kayu yang banyak ditemukan di Sumsel. Selain itu, kayu ini dinilai tahan air dan tidak mudah dimakan rayap. Untuk memperindahnya, tembesu dicat warna merah dan emas. Di pinggirannya diberi ukiran ornamen bunga teratai daun pakis yang juga khas kota Palembang. Pengerjaannya memakan waktu tujuh tahun, mulai 2002 – 2009. Setiap keping halamannya membutuhkan satu bulan proses ukiran.

“Pemahatnya lokal dari Palembang. Desain awalnya tentu saja ditulis dulu lalu dijiplak di kertas minyak. Kemudian tim Takhsis yang terdiri dari Ulama dan Hafizh,”jelas Idris Palupi, Pengurus Harian ditemui belum lama ini.

Terbesar dan Pertama di Dunia

Percaya atau tidak, Al-Quran Al-Akbar tercatat terbesar dan pertama di dunia dalam bentuk ukiran. Pengakuan tersebut ditetapkan Museum Rekor Dunia Indonesia. Diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 30 Januari 2012. Momen itu disaksikan serta diakui oleh 51 negara Islam di dunia.

Kunjungan dunia pun tak terbilang. Misalnya Syeikh Prof Dr Ismail Hamdan, pimpinan Al-Azhar Cairo Mesir Cabang Palestina, ataupun rombongan delegasi MTQ Internasional pada 2015. Semua mengapresiasi karya putra daerah ini. Dialah Ustadz Syofwatillah Mohzaib, Ketua Umum Jaringan Santri Indonesia. Ia juga selaku pimpinan pondok pesantren Indo Global Mandiri Al-Ihsaniyah, lokasi Al-Quran Al-Akbar berada.

Kunjungan tokoh, ulama nasional, maupun MUI juga tak berhenti. Begitu juga pengunjung biasa. Idris menyebutkan, sejak ada media sosial pengunjung terus naik bahkan hingga ratusan orang perhari. Apalagi di hari libur sekolah atau libur nasional, bisa mencapai 2000 pengunjung. Sebagai kenang-kenangan, pihaknya juga menyediakan arena foto dan kios souvenir. “Kami mulai mematok tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Dana itu digunakan untuk perawatan harian,”tuturnya.

Penasaran? Datang dulu saja ke Palembang. Al-Quran Al-Akbar berlokasi di Jl M Amin Fauzi Kecamatan Gandus. Lokasinya memang cukup jauh dari pusat kota. Tapi tetap mudah terjangkau. Selain menggunakan taksi ataupun taksi online, pengunjung luar kota menggunakan BRT Transmusi. Dari bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II naik Transmusi koridor 7 via Jl Soekarno Hatta. Pastikan turun di Halte Jembatan Musi II. Dari sana perjalanan bisa menumpan angkot jurusan Gandus.

Galery Foto

(1) Al Quran Al Akbar. Foto: Dokumentasi Yulia Savitri

 

(2) Al Quran Al Akbar. Foto: Dokumentasi Yulia Savitri

 

(3) Al Quran Al Akbar. Foto: Dokumentasi Yulia Savitri

 

(4) Al Quran Al Akbar. Foto: Dokumentasi Yulia Savitri

 

Sebarkan :
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares
Follow Yulia Savitri:

Latest posts from

Leave a Reply