Petualangan dan Pelestarian di Citatah 125

posted in: Experience | 0

Tentang kesejatian diri, mari kita rajut jiwa dan raga melalui panjat tebing. Sebuah petualangan ketinggian yang syarat akan nilai petualangan dan tidak lepas dari pelestarian tebing-tebing dari exploitasi perusahaan.

 

Citatah 125, nama yang tidak asing bagi pegiat petualangan alam bebas yang bergulat di panjat tebing. Citatah 125 merupakan batuan limestone dengan ketinggian 125 meter dari permukaan tebing. Citatah 125 mempunyai banyak sekali jalur, baik dari level yang mudah sampai sulit. Karakter tebingnya pun beragam.

Citatah 125 terletak di daerah Padalarang, Bandung Barat. Lokasinya tidak terlalu sulit untuk dijangkau, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan transportasi umum. Tebing yang menjulang tinggi, sangat mudah dikenali dari jalan besar. Letaknya memang tidak jauh dari jalan raya. Citatah 125 merupakan sebuah gunung yang dinamai oleh masyarakat sekitar dengan nama Gunung Pabeasan.

Terdapat banyak hanger atau pengaman permanen yang sudah terpasang di setiap jalur. Pada ketinggian sekitar 30 meter, terdapat gua yang dapat digunakan untuk keperluan istirahat pagi para pemanjat. Jika kawan-kawan melanjutkan pemanjatan melewati gua tersebut, kawan-kawan akan menemui Jalur Chimney. Jalur ini berupa celah vertikal tebing yang cukup lebar. Merupakan sensasi tersendiri untuk memanjat dengan teknik chimneying.

Petualangan memanjat tebing Citatah 125 dapat dilakukan siapa saja. Pastinya dengan tingkat keamanan yang dibuat oleh setiap pemanjat sendiri. Bagi kawan-kawan yang ingin mencoba memanjat tetapi belum mempunyai peralatan untuk memanjat jangan khawatir, karena disana terdapat penyewaan peralatan pemanjatan. Ada juga pemandu ataupun instruktur yang berpengalaman.

Untuk melakukan pemanjatan, kawan-kawan hanya perlu meminta izin kepada RT setempat atau kepada pengurus Karang Taruna Pabeasan. Hal ini dikarenakan Tebing Citatah 125 dikelola oleh masyarakat setempat. Baik untuk pemenuhan fasilitas seperti toilet dan saung-saung yang terdapat di area Tebing Citatah 125.

Panjat tebing pada tebing alam merupakan sebuah petualangan yang sangat menguji adrenalin kita semua. Memanjat batuan-batuan alam sangat membantu sekali dalam penguasaan diri seseorang. Terlebih pada bagaimana kita mempersiapkan segala kebutuhan kita sebelum memulai pemanjatan. Mulai dari peralatan sampai pada mental. Terlebih ada sebuah pembelajaran yang sangat membantu teman-teman dalam penguasaan diri. Baik itu emosional sampai pada penemuan jati diri, karena kita akan dihadapkan pada zona tekanan yang kita buat sendiri.

Peran yang juga bisa kita lakukan ketika melakukan memanjat tebing adalah pelestarian. Ya, pelestarian tebing itu sendiri. Banyak kita jumpai tebing dengan batuan kapur yang pada dasarnya dapat digunakan untuk membuat marmer dan lain sebagainya. Perlu adanya pelestarian. Karena pelestarian merupakan bentuk dari pengelolaan sumber daya alam yang menjamin pemanfaatannya secara bijaksana. Pelestarian juga menjamin kesinambungan persediaan agar nantinya dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang.

Teks & Dokumentasi: Firza Tian

Gallery Foto

(01) Kegiatan Pemanjatan Citatah 125. Foto: Dokumentasi Firza Tian

 

(02) Kegiatan Pemanjatan Citatah 125. Foto: Dokumentasi Firza Tian

 

(03) Kegiatan Pemanjatan Citatah 125. Foto: Dokumentasi Firza Tian
Sebarkan :
  • 21
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    21
    Shares

Leave a Reply