Puncak Bucu : Tempat Asyik buat Camping sama “Teman”

Puncak Bucu : Tempat Asyik buat Camping sama “Teman”

posted in: Destination | 0

Kabupaten Bantul punya destinasi wisata alam yang menarik. Letaknya tidak jauh dari Bukit Bintang di Kecamatan Pathuk – Gunung Kidul. Sebelumnya area sekitar lokasi ini digunakan untuk treking motorcross dan mountain bike. Namun karena olahraga ekstrim ini cukup merusak jalan, maka sekarang sudah jarang dilakukan.

Keindahan yang ditawarkan berupa suasana desa yang tenang dan pemandangan sky light pada malam hari yang tidak kalah dengan Bukit Bintang. Bahkan tampak dari lokasi ini, sky light terasa lebih indah. Suasana akan terasa lebih syahdu jika anda menikmati sky light pada malam bulan purnama pada musim kemarau. Saat itu bulan sedang berada diukuran maksimal dan langit bersih tanpa awal.

Puncak Bucu, begitu traveller menyebutnya. Terletak di wilayah Desa Ngelosari, Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Dari jalan Wonosari, kamu bisa melaju sampai Pasar Piyungan. Tidak jauh dari Pasar Piyungan itu ada belokan ke arah selatan (kanan jalan). Belokan pertama itulah arah menuju Puncak Bucu. Selanjutnya kamu tinggal mengikuti jalan utama tersebut dan bertanya pada penduduk setempat jika merasa ragu.

Akses ke tempat ini cukup mudah. Dari Kota Yogyakarta, kamu hanya membutuhkan waktu kurang dari 45 menit pada malam hari saat jalan mulai sepi dari kendaraan. Jalannya pun sebagian besar sudah beraspal mulus. Diujung jalan, ketika anda sudah mendekati puncak, anda akan menjumpai jalan berbatu. Berhati-hatilah menggunakan kendaraan di jalan ini karena permukaannya tidak rata.

Sebelum digunakan untuk wisata camping seperti sekarang, area sekitar Puncak Bucu sudah sering digunakan untuk lokasi Malam Keakraban (Makrab) oleh beberapa kampus di Yogyakarta. Lokasinya yang cukup jauh dari jalan raya dan keramaian jadi alasan utama pemilihan lokasi ini.

Suasana di Puncak Bucu dan sekitarnya memang cukup tenang dan punya pemandangan yang cukup bagus sehingga tidak salah jika tempat ini dikunjungi oleh mereka yang membutuhkan suasana tenang yang kondusif. Bagi anda pemburu sky light atau penikmat suasana malam yang tenang, Puncak Bucu bisa jadi salah satu tempat yang sayang dilewatkan. [Nurul Amin/End]

Sebarkan :
  • 221
  • 145
  • 136
  •  
  •  
  •  
    502
    Shares
Follow Nurul Amin:

Penulis indie. Mulai menulis sejak sekolah menengah lewat catatan harian. Kemudian belajar menulis lewat pelatihan kepenulisan, pelatihan jurnalistik serta belajar secara otodidak. Belajar menyunting naskah sejak pertengahan masa kuliah, lewat komunitas environment journalist dan aktif menyunting sejak di travelnatic.com. Selain dunia menulis, juga menyukai kegiatan kreatif, organisasi, enterpreneur, penelitian, kegiatan sosial kerelawanan dan kegiatan alam bebas (tentu saja). Bacaan yang disukai tentang sejarah, sastra, petualangan, kemiliteran, lingkungan dan sains. Sedang mencari ilmu di program studi Teknik Lingkungan, tertarik pada studi tentang material komposit alam dan pengelolaan air.

Komentar anda?