Taman Pelangi, Wisata Keluarga Murah Meriah di Bantaran Kali Opak, Bantul

Salah satu kegiatan mengasyikkan yang harus dicoba di Taman Pelangi ini adalah menyusuri sungai Opak dengan menaiki perahu mesin. Anda cukup membayar Rp. 5.000,- untuk pulang pergi menyusur sungai sejauh kurang lebih 1 Km.


Oleh : Hanifati Alifa Radhia


Menggunakan perahu beradik untuk menyusuri Kali Opak. Dok. Hanifati AR

Di penghujung awal tahun 2020 ini, saya berkesempatan menghabiskan akhir pekan bersama rombongan ibu-ibu anggota Trini Karya—sebuah kegiatan pra koperasi dengan unit usaha tas kertas di Sleman. Kami, baik pemuda dan ibu-ibu sepakat untuk mengunjungi dua destinasi di wilayah Yogyakarta, salah satunya Taman Pelangi, Bantul. Jika anda pernah mengunjungi Yogyakarta, nama Taman Pelangi di Bantul ini menyerupai salah satu taman berkonsep lampion di depan Monumen Yogya Kembali, Sleman. Adapun kedua lokasi ini tidak saling berhubungan. Tepatnya di Dusun Bembem RT 02, Trimulyo, Jetis, Bantul, Taman Pelangi menyajikan wisata keluarga dengan berbagai kegiatan seperti menaiki perahu menyusuri sungai, kolam renang pemandian serta taman bermain anak-anak. Tentunya, tersedia pula spot-spot unik untuk sekedar ber-swafoto. Dari Sleman, perjalanan kami menuju Bantul menempuh sekitar empat puluh lima menit. Setelah tiba, untuk menuju ke destinasi ini kami melewati kampung-kampung pemukiman warga dusun. Namun petunjuk arah telah disediakan untuk memudahkan maupun arahan saat berjumpa warga setempat.

Pada hari itu, agenda kami berwisata sambil dalam rangka merayakan milad— tiga tahun kegiatan usaha bersama. Beberapa di antara mereka banyak membawa serta anak-anak atau cucu. Sebelum bebas berkegiatan di Taman Pelangi, kami membagi kado doorprize pada ibu-ibu anggota serta anak-anak. Kegiatan berwisata bersama “dolan bareng” ini ingin menjalin kekeluargaan serta semangat untuk menjalankan usaha bersama. Kebetulan, di hari kedatangan kami, pihak pengelola Taman Pelangi pun mengadakan perayaan ulang tahun ke-2. Suasana pagi itu cukup ramai karena panggung kecil yang diisi dengan penyanyi musik dangdut. Menjelang siang pengunjung semakin ramai. Terlebih panitia pengelola— crew team creative membagikan doorprize pada para pengunjung. Untuk mendapatkan hadiah, mereka diminta membeli tiket naik perahu untuk kemudian berhak mendapat satu kupon doorprize. Jika beruntung pengunjung akan mendapatkan hadiah seperti jam dinding, payung serta hadiah utama. Beberapa di antara anggota kami berhasil membawa pulang hadiah utama tersebut. Sebuah hadiah utama nan unik sejauh saya temui: seekor ayam jantan!.

Fasilitas umum di Taman Pelangi cukup memadai seperti tempat parkir, kamar mandi, maupun warung makan, pedagang kecil, hingga gazebo besar untuk berkumpul. Sebagaimana kami saling bercengkerama dan membagi hadiah di gazebo tersebut. Suasana destinasi ini cukup sejuk karena dikelilingi pohon bambu. Ada gazebo kecil untuk duduk-berteduh di depan warung. Lokasi bermain untuk anak-anak seperti odong-odong. Selain itu, tersedia kolam renang berukuran kecil untuk anak-anak. “Bayar dulu 5000 baru byur”, begitu tulisan salah satu papan informasi di salah satu kolam renang. Sekilas tampak mata, ada sekitar empat kolam.

Pengunjung menaiki perahu di Taman Pelangi. Dok. Hanifati AR

Salah satu kegiatan mengasyikkan yang harus dicoba di Taman Pelangi ini adalah menyusuri sungai Opak dengan menaiki perahu mesin. Anda cukup membayar Rp. 5.000,- untuk pulang pergi menyusur sungai sejauh kurang lebih 1 Km. Murah meriah bukan?

Nah, Taman Pelangi di Bantul ini bisa menjadi destinasi pilihan yang murah meriah untuk sekedar menghabiskan akhir pekan bersama keluarga dan orang-orang tersayang. [End/Hanifati AR]


Foto-foto dokumentasi :

Cinderamata dari Taman Pelangi. Dok. Hanifati AR
Wahana bermain anak-anak di Taman Pelangi. Dok. Hanifati AR
Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *