Terry Endropoetro : Jelajahi Indonesia dengan tanggungjawab dan Cinta

Terry Endropoetro : Jelajahi Indonesia dengan tanggungjawab dan Cinta

Salam pejalan, traveler fanatic! Pada bulan maret yang lalu, kami berkesempatan untuk melakukan talkshow online interaktif melalui akun twitter kami (@travelnatic). Program yang diberi nama #TNTwitView ini untuk pertama kalinya diluncurkan dengan dialog interaktif bersama Kak Terry Endopoetro (akun twitternya @NegeriID). Dalam program #TNTwitView, tidak hanya terjadi dialog antara admin Travelnatic dengan Kak Terry, teman-teman yang kebetulan sedang online pun bisa menanggapi, bertanya dan berinteraksi, baik dengan admin Travelnatic, maupun dengan Kak Terry selaku narasumber. Menarik kan!

Kak Terry sudah berkunjung ke banyak destinasi di Indonesia dan tentunya sudah banyak juga pengalaman perjalanan yang Kak Terry lihat, amati dan rasakan. Kisah perjalanannya dapat kita lihat melalui blog www.negerisendiri.com yang merupakan pemenang best blogger #MahakaryaIndonesia. Pada program #TNTwitView #Sesi1, Kak Terry berbagi cerita mengenai pariwisata Indonesia serta tips dan trik untuk traveling dengan budget minim. Berikut ulasan #TNtwitview #Sesi1 bersama Kak Terry Endopoetro yang kami rangkum sebagian besarnya.

Flyer online #TNTwitView #Sesi1 bersama Terry Endropoetro. Photo : Terry Endropoetro di Bromo, by : Terry Endropoetro.

Kita sapa dulu ya narasumber kita, halo Kak Terry!

Hai @travelnatic! Hai temans! Salam kenal semuaaaaaa…. 😀

Salam kenal kak Terry! Kalau boleh tau, sekarang kakak kesibukannya apa saja sih?

Saya sudah berhenti jadi orang kantoran, maunya sih keliliing Indonesia. Diseriusin dari awal 2013. Hasil jalan-jalannya sesekali ditulis untuk artikel di majalah dan sekarang masih belajar jadi blogger dari para blogger senior.

Wah seru banget. Sebelum ke pertanyaan yang lebih jauh, kami mau mengetahui, sejak kapan dan apa sih yang membuat kak Terry cinta Indonesia?

Waktu kecil saya kira, karena lahir dan besar di negeri ini, tiap upacara nyanyi lagu Indonesia Raya, jadi mau gak mau harus cinta Indonesia. Suatu ketika ketemulah dua alasan kuat yang rasanya ‘nampar banget’ dan bikin sadar kenapa saya harus cinta Indonesia.

Pertama, bertemu dengan WNA yang sudah keliling Indonesia sejak 40 tahun yang lalu. Dia tanya, “sudah kemana saja kamu di Indonesia?” Jlebbb!

Kedua, bertemu dengan pemuda Jerman yang sudah keliling dunia, tapi baru kali itu ke Indonesia, langsung menjelajah Flores pula. Kata pemuda Jerman itu, “sekarang saya bisa menjawab kalau ditanya tempat mana yang paling bagus yang pernah dikunjungi, Indonesia”

Wow, kita harus lebih cinta lagi dengan Indonesia ya Kak. Next, sudah berapa lama kakak traveling dan menulis?

Sejak awal tahun 2000-an juga sudah suka jalan-jalan, tapi ya kalau cuti kantor. Dengan keluarga atau teman-teman. Dan sebatas kota atau tempat wisata yang dekat-dekat. Nah, coba-coba menulis tentang jalan-jalan untuk majalah dimulai sejak tahun 2007, tapi baru 2013 punya blog setelah nggak sibuk ngantor lagi. Boleh lho kalau mau baca blognya (yang isinya baru sedikit itu hahaha) ini linknya : http://blog.negerisendiri.com

Pastinya Kak! Ngomong-ngomong, destinasi favorit Kak Terry dimana saja sih?

Duh! Indonesia luas banget. Terus terang belum semua provinsi saya datangi. Tapi sudah yakin semua tempat itu bagus dan harus dikunjungi. Kalau jalan-jalan ke suatu tempat biasanya saya pengen balik lagi kesana. Kayaknya gak cukup 2-3 hari atau seminggu di satu tempat. Bukannya pilih-pilih ya, tapi Flores dan Indonesia Timur memang keren banget, Sulawesi juga. Kalimantan dan Sumatera belum semua dikunjungi, tapi kalau ditanya tempat favorit jawabnya adalah Banda Neira, Maluku. Sudah dua kali kesana tapi selalu bikin rindu.

Banyak sekali yang sudah dikunjungi! Tapi menurut kakak, apa kekurangan dan kelebihan pariwisata Indonesia saat ini?

Indonesia itu luas banget! Itu salah satu kelebihannya. Seumur hidup kayaknya belum tentu kelar semua tempat dikunjungi. Indonesia kaya wisata sejarah dan budaya. Kekayaan kuliner? Di satu provinsi saja ada puluhan jenis makanan, mungkin lebih.Wisata alamnya juga kaya, punya hutan, gunung, danau, sungai, laut, air terjun, gumuk pasir, sampai salju juga ada. Negara kepulauan terbesar dengan kekayaan bawah laut yang luar biasa.

Nah, kalau soal kekurangannya juga ada, sih. Fasilitas pariwisata Indonesia memang belum sempurna. Transportasi, akomodasi, atraksi kurang dikemas dengan baik. Termasuk jadwal event. Event-event budaya dipromosikan 1-2 bulan jelang acara. Kalau daerahnya jauh kita jadi nggak sempat nabung buat beli tiket dan uang saku. Semoga Kementerian Pariwisata bias bikin jadwal event budaya satu tahun penuh.

Jadi dari awal tahun bisa direncanakan kapan kita mau pergi, dan ke event yang mana. Dan jangan lupa! Kita sendiri masih banyak yang ‘gegar wisata’. Wisata dianggap trend. Masih banyak orang berwisata tapi merusak tempat wisata, masih banyak orang protes wisata mahal. Tapi kalau dapat berwisata murah, masih suka menyampah, merusak, corat-coret. Lah gimana dong? Jadi selain transportasi-akomodasi, mental berwisata harus diperbaiki. Wisata dengan bertanggungjawab supaya lingkungan terjaga.

Sepakat banget kak! Next, biasanya Kak Terry kalau traveling pakai kendaraan umum atau pribadi? Kenapa?

Biasanya pakai transportasi umum atau lokal. Pesawat, kereta api, kapal motor, perahu, angkot, ojek, kadang-kadang sewa mobil juga, sih. Naik sepeda dan jalan kaki keliling kota juga pernah. Seru-seru aja tuh. Semua tergantung situasi dan kondisi, jarak, dan isi dompet. Baca Lanjutannya >>> 

Sebarkan :
  •  
  • 7
  •  
  •  
  •  
  •  
    7
    Shares
Follow Travelnatic:

Travelnatic Magazine is magazine about tourism and traveling in Indonesia or by Indonesian. Every people can shared their travel story here. Send me by email at redaksi@travelnatic.com

Komentar anda?