Trans Sumatera Duathlon Ultra 2432 KM

Trans Sumatera Duathlon Ultra 2432 KM

Tim Trans Sumatera Duathlon 3432 Km sebelum bertolak dari Jakarta menuju pelabuhan Merak, Banten. Photo by Griska R Gunara

Menjelajah pulau Sumatera dengan berlari dan bersepeda mungkin dibenak kita menjadi hal yang mustahil, namun hal tersebut tidak berlaku bagi seorang pria bernama Hendra Widjaya atau lebih akrab disapa Kang Hendra. Dia bersama tim melakukan kegiatan yang bertajuk Trans Sumatera Duathlon 2432 KM.

Sebelum melakukan kegiatan Trans Sumatera Duathlon 2432 Km, Kang Hendra yang merupakan seorang pelari ultra running pertama Indonesia pernah berlari di South Pole, Trans Oman sejauh 300 km. Selain itu, beliau juga pernah merasakan berbagai lomba lari marathon kelas dunia, diantaranya The Great North Walk 100 km (Australia), Ultra Trail Mount Fuji-Japan 168 km, dan Elbrus Race Vertical Kilometer 1000 km (Rusia).

Kang Hendra akan memulai perjalanan ultra running menjelajah Sumatera pada tanggal 11 April 2016 dengan start di titik 0 Kilometer Aceh, kemudian melewati beberapa provinsi seperti Medan-Riau-Jambi-Palembang-Lampung dan akan finish di Bakauheni. Kegiatan bernama Trans Sumatra Duathlon Ultra ini akan menempuh total jarak 2432 Km selama 16 hari. Secara teknis kegiatan ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu mengayuh sepeda 220 Km selama 8 hari dengan total 1760 Km dan berlari 84 km selama 8 hari dengan total 672 km. Kegiatan duathlon ultra ini dibatasi dengan waktu (cut off time) perhari untuk bersepeda 12 jam dan berlari 15 jam.

Saat diwawancarai tim Travelnatic, Kang Hendra menyebutkan kegiatannya ini bukan sekedar adventure biasa namun merupakan lomba Duathlon Ultra yang sesungguhnya karena standar total jarak dan cut off time dari bersepeda dan berlari telah menggunakan standar internasional. Saat ditanya mengapa memilih pulau Sumatera, Kang Hendra tidak menyebutkan alas an khusus, namun ia menuturkan ingin mencari suasana latihan berbeda sekaligus ingin sekalian menikmati pemandangan di pulau Sumatera. Sebelumnya Kang Hendra sudah sering melakukan latihan di Sentul dan Kebun Raya Bogor. Latihan tersebut rutin beliau lakukan sebagai persiapan untuk mengikuti lomba Deca Ultra Triathlon di Swiss pada tanggal 24 Agustus – 2 September 2016 mendatang.

Di lain hal Kang Hendra berharap dengan beliau memulai kegiatan Trans Sumatera Duathlon Ultra, ini akan menjadi pionir untuk kegiatan yang serupa ke depannya. Dalam kegiatan Trans Sumatera Duathlon Ultra ini tak lupa Kang Hendra telah menyiapkan suplemen, vitamin dan beberapa makanan pendukung seperti telur untuk mendukung kekuatan fisik beliau selama kegiatan.

Ayo dukung Kang Hendra!

Update real time perjalanan adventure Kang Hendra dapat ditelusuri di instagram dan twitter dengan hashtag #TransSumateraDuathlon

Penulis : Ikbal Syukroni

Editor : Annas Chairunnisa Latifah

Sumber Data : Griska R Gunara

Sebarkan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Follow Ikbal Syukroni:

Tinggal di Martapura, Sumatera Selatan. Traveler yang menggemari kegiatan photography. Sedang menempuh studi S2 di Bogor.

Komentar Pembaca