Wisata Kuliner di Penang International Food Festival

posted in: Destination | 0

Penang, sebuah pulau yang berada di bagian utara semenanjung Malaysia, sebuah pulau kecil dengan Ibukota George Town. Pulau ini disambungkan ke Semenanjung Malaysia melalui tiga akses utama: dua jembatan di sisi utara dan selatan pulau serta jalur ferry. Pulau Penang atau biasa disebut Penang, terkenal sebagai Sillicon Valley nya Malaysia. Sebagai salah satu state di Malaysia, Penang memiliki GDP per kapita terbesar dibanding state state lain yang ada di Malaysia.

 

 

Sebagai kota kuliner yang terkenal di Malaysia, Penang adalah salah satu tujuan wisata kuliner yang terkenal di Asia Tenggara. Penang terkenal dengan makanan yang enak dikarenakan Pulau Penang ini menjadi tempat pertemuan banyak ras, dimana setiap ras yang ada di pulau ini membawa ciri khas makanannya sendiri.

Minggu ini, Penang mengadakan sebuah event international yang sangat sayang kalau dilewatkan, apalagi oleh pencinta kuliner di tanah air. Die die must go event lah, kalau kata Singaporean traveller yang berlogat Melayu Singlish.

Event kuliner besar ini dinamakan Penang International Food Festival (PIFF). PIFF ini adalah sebuah event dua-mingguan yang merayakan Penang sebagai Food Capital di Asia Tenggara.

 

Event ini dimulai dari tanggal 14 April 2018 dengan dibuka oleh Street Food Festival yang diadakan di Lebuh Pantai (Beach Street) pada tanggal 14 dan 15 April 2018.

Diikuti oleh event-event kecil seperti Meatless Monday di tanggal 16 April,  Kopi O di tanggal 17 April 2018, Mini Curry Festival di tanggal 18 April, Thirsty Thursday di tanggal 19 April 2018, dan Crispy Friday di tanggal 20 April 2018.

Tanggal 21 dan 22 April 2018 akan diisi oleh event megah bernama Taste of Penang yang diadakan di Jalan Kelawai. Event Taste of Penang ini membawa hampir semua masakan ciri khas yang ada di  Penang. Sungguh suatu event besar yang sangat disayangkan untuk dilewatkan.

Event besar Taste of Penang ini diikuti event besar lainnya yang bernama RM2 Mini Food Festival, alias festival aneka makanan seharga maksimal 2 Ringgit Malaysia, pada tanggal 23 dan 24 April 2018, yang sungguh menarik untuk dikunjungi karena bagi pengunjung yang belum pernah wisata kuliner ke Penang sebelumnya, event ini akan mengenalkan kepada pengunjung-event-ini jajanan-jajanan murah nan enak yang biasanya hanya mungkin dinikmati oleh penduduk lokal saja.

Event-event kecil yang juga tak kalah menarik menyusul seperti Dining… amid water, alias makan di kelilingi (atas) air, pada tanggal 25 April 2018; lalu Dining… amid heritage, alias makan di tengah-tengah bangunan bersejarah di Penang pada tanggal 26 April 2018; menyusul Dining… amid stars, alias makan di kelilingi taburan bintang-bintang di langit pada tanggal 27 April 2018.

Event besar Food Truck Invasion pada tanggal 28 dan 29 April 2018 menutup hajat kuliner besar di Penang ini.

Sebarkan :
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares

Leave a Reply