Pesona Tana Sintuwu Maroso

Pesona Tana Sintuwu Maroso

posted in: Destination | 0

Wisata Poso – Sebagai salah satu kabupaten tertua di Sulawesi Tengah ternyata Poso memiliki pesona alam yang sangat Indah. Terletak di tengah-tengah pulau Sulawesi yang merupakan jalur strategis yang menghubungkan Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah. Kabupaten poso memiliki luas 8.712,25 km2. Wilayahnya membentang dari pegunungan hingga pesisir pantai dengan bentang alam berupa pegunungan dan pantai.

Bak permata  yang belum diasah, mungkin pepetah tersebut kiranya cocok untuk menggambarkan potensi wisata yang dimiliki Poso. Kabupaten dengan semboyan Tana Sintuwu Maroso ini memiliki pesona pantai yang luar biasa indah. Salah satunya adalah Pantai Imboek, yang terletak diperbatasan Kelurahan Lawangan dan Tegal Rejo atau sekitar 5 km dari Kota Poso.

Apabila Anda mengunjungi pantai ini mata anda akan dimanjakan dengan laut biru yang jernih dengan pasir putih yang halus. Bahkan saat ini sudah ada wahana permainan seperti banana boat yang di kelola oleh investor lokal di Pantai Imboek. Selain menikmati wahana permainan banana boat, anda juga dapat menyewa perahu batang yang disewakan oleh warga sekitar. Namun, bila anda datang ke Pantai Imboek sekedar ingin menikmati suasana alam pantai, anda dapat datang di sore hari untuk menyaksikan sunset sambil menikmati gorengan.

Apabila Pantai Imboek belum cukup memuaskan, anda dapat menikmati Pantai Siuri. Pantai ini terletak di Desa Toinasa, kecamatan Pamona Barat. Untuk mencapai pantai tersebut diperlukan waktu sekitar 57 km dari Poso Kota. Akses menuju pantai tersebut cukup mudah, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Namun, jalur yang dilalui cukup sempit sehingga mungkin hanya cukup dilalui sebuah kendaraan. Selain sempit, jalur menuju pantai Siuri cukup berliku. Tapi anda tak perlu khawatir, jauhnnya perjalanan yang ditempuh sesuai dengan keindahan alam yang ditawarkan Pantai Siuri.

Berbeda dengan Pantai Imboek yang memiliki pasir putih, pasir di Pantai Siuri berwarna keemasan. Pesona laut yang ditawarkan pun tak kalah indah dari Pantai Imboek. Selain kedua pantai diatas Anda juga dapat menikmati beberapa pantai lain Pantai Karawasa di Madale yang menawarkan kemolekan alam bawah laut.

Pantai Karawasa merupakan spot diving yang sangat indah. Bagi anda yang ingin menikmati kekayaan bahari di Poso, pantai ini merupakan tujuan yang tepat. Ada juga pantai lain seperti Pantai Toini yang terletak di Desa Toini,  Pantai Seribu Bintang yang terletak di desa Sa’atu dan lainnya. Kedua pantai ini menyajikan  suasana pantai yang masih alami dan jauh dari tangan-tangan nakal para wisatawan. Hal ini karena kedua pantai ini memang kurang populer dibanding pantai lain di Poso. Selain dapat menikmati suasana pantai yang masih alami, di Pantai Seribu Bintang anda juga dapat melihat ratusan atau bahkan mungkin ribuan bintang laut. Inilah mungkin yang menginspirasi nama dari pantai Seribu Bintang. Bukankah terasa menyenangkan dapat menikmati eksotisme kedua pantai yang masih alami ini.

Bagi Anda yang tidak begitu menyukai wisata bahari, Poso masih memiliki objek wisata lain yang dapat Anda nikmati seperti Danau Poso. Bila anda sedang berada di Poso, Danau Poso merupakan salah satu destinasi yang harus Anda kunjungi. Danau dengan luas 32.300 hektar ini memiliki keunikan yaitu berpasir putih dan emas serta bergelombang. Panorama alam berupa bukit dengan pepohonan yang rimbun akan membuat segala beban pikiran anda hilang.

Di Danau Poso terdapat suatu acara adat yang tiap tahun diadakan, yaitu Festival Danau Poso. Festival danau poso merupakan wujud rasa syukur masyarakat atas pemberian Tuhan Yang Maha Esa. Festival yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Poso ini rutin diperingati tiap bulan Agustus. Untuk dapat melihat Festival Danau Poso, pengunjung tidak perlu repot-repot mendaftar terlebih dahulu, karena Festival Danau Poso terbuka untuk umum. Festival Danau Poso menampilkan beragam kesenian dan budaya khas Poso, pemilihan putra-putri pariwisata Sulawesi Tengah, serta bazaar beragam souvenir dan kuliner khas Poso.

Selain wisata pantai dan danau, Poso masih memiliki objek wisata lain yang dapat anda masukkan kedalam daftar liburan Anda, seperti Bancea (Taman Anggrek) yang terletak di Tentena, Air terjun Saluopa. Air Terjun Kilo, Taman Nasional Lore Lindu, Gua Tangkaboba, Situs megalitik di Lore, dan Lembah Napu.

Serta masih banyak destinasi wisata lain yang dimiliki Poso. Semuanya menawarkan keindahan alam yang masih asli. Namun sayang, pengelolaan pariwisata di Poso belum menjadi perhatian utama pemerintah, sehingga beberapa objek wisata menjadi kurang terawat.

Nah, ternyata cukup banyak destinasi wisata asik yang dimiliki Poso bukan! Jadi tidak salah untuk memasukkan Poso menjadi salah satu kota tujuan anda ketika berlibur ke Sulawesi Tengah.

Penulis : Lavia Farareta

(Taruni Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

Penyunting : Nurul Amin

 

Sebarkan :
  • 187
  • 170
  • 171
  •  
  •  
  •  
    528
    Shares
Follow Lavia Farareta:

Moslem | 👮Cadet of STMKG ☁ Meteorology ☁ | ❤ Reading ❤ Traveling ❤ Running Nature still have millions of mysteries to uncover. Keep learning (^-^)9

Latest posts from

Komentar anda?